Jelang Tengah Malam Sijago Merah Telan Gudang Kusen Ciwastara

Advertisement

Jelang Tengah Malam Sijago Merah Telan Gudang Kusen Ciwastara

60 MENIT
Minggu, 08 September 2019

60Menit.co.id - Kebakaran Gudang Kusen di Jl. Ciwastra Kota Bandung, Sabtu (7/09/2019)

60MENIT.CO.ID, Bandung - Musibah kebakaran kembali terjadi di Kota Bandung. Menjelang tengah malam, Sabtu (7/9/2019), si jago merah mengamuk di area pergudangan seluas 8.000 m2 di Jl. Ciwastra, R9T 03 RW 06 Kel. Margasari, Kec. Buahbatu.

Menurut saksi kejadian yang juga ketua RW setempat, Pak Yamin, sehabis magrib dilakukan pembakaran sampah di lokasi. Semula warga mengira api pembakaran sampah sudah padam. Diketahui kemudian, ternyata masih ada sisa api pembakaran yang kemudian membesar.

Warga sempat melakukan penanganan awal dengan alat seadanya. Mendapati api semakin membesar, warga kemudian melaporkan kejadian ke Emergency Call 022-113 Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung.

Mendapat laporan, petugas sigap meluncur ke lokasi dengan kekuatan 2 Unit Pancar UPT Timur, 4 Unit Pancar Mako Pusat, 1 Unit Pancar UPT Utara, 1 Unit Pancar UPT Barat, 1 Unit Pancar UPT Selatan, 3 Water Tanker, 1 Unit Rescue dan 1 Unit Komando.

Tiga gudang yakni gudang penyimpanan kayu, gudang penyimpanan rongsokan dan gudang produksi paving block seluas 2.000 m2 menjadi korban amukan api. Kerugian kebakaran di area pergudangan milik Fahmi Bazri ini mencaai kisaran Rp3 miliaran.

Diskar PB Kota Bandung mengimbau kepada masyarakat supaya berhati-hati saat meninggalkan api sisa pembakaran sampah. Sebagian kebakaran yang terjadi di Kota Bandung, diantaranya disebabkan oleh api sisa bakaran sampah yang belum padam.

Saat meninggalkan pembakaran sampah, pastikan api sudah benar-benar padam, karena sisa api yang masih menyala berpotensi menjadi penyebab kebakaran. Ketika angin berhembus kencang, sisa api akan menyambar benda-benda yang mudah terbakar.

(Eka)