Jejak Kerusuhan Papua Mulai di Ungkap

Advertisement

Jejak Kerusuhan Papua Mulai di Ungkap

60 MENIT
Senin, 02 September 2019

60Menit.co.id (referensi pihak ke tiga) 

60MENIT.CO.ID - Kembalinya Papua mencekam masyarakat di sana melakukan aksi demo hingga rusuh dan menyebabkan ada korban meninggal. 

Hal ini tentu bikin miris, apalagi para pendemo malah meminta kemerdekaan, alias ingin memisahkan diri dari Indonesia.

Sebelumnya memang ada dugaan bahwa ada yang sengaja membuat pendemo di Papua emosi. Namun bukan dari dalam, melainkan pihak-pihak luar, yang seperti menginginkan agar Papua memisah dari Indonesia.

Hal ini malah senada dengan yang diucapkan oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Menurutnya, dalang dibalik kerusuhan Papua ada dari pihak luar yaitu orang asing.

"Ya ada (berpartisipasi asing). Kami tahulah, kelompok-kelompok ini ada yang mendukung jaringan di internasional," kata Tito Karnavain di Polda Metro Jaya, seperti yang dilansir dari nasional.tempo.co (1/9/19).

60Menit.co.id (referensi pihak ke tiga) 

Namun sayang, Jenderal Tito Karnavian tidak membeberkan secara detail kelompok-kelompok asing mana yang terlibat dalam kerusuhan Papua tersebut. Namun yang jelas, Tito mengaku tak akan tinggal diam.

"Jadi kami harus menanganinya baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Kerja sama kita dengan Ibu Menlu (Menteri Luar Negeri) dan jaringan intelijen." lanjutnya.

Wah, semoga segera terungkap. Tentu hal ini sangat penting karena bisa mengamankan Indonesia, khususnya Papua agar tidak ada pihak luar yang masuk dan sengaja memprovokasi.

(Zho/ dari beberapa sumber)