Peltu Seno, Pemasangan Jaring Dapat Meminimalisir Sampah di Sungai

Advertisement

Peltu Seno, Pemasangan Jaring Dapat Meminimalisir Sampah di Sungai

60 MENIT
Selasa, 17 September 2019

60Menit.co.id - Satgas Citarum Harum Sub 5-22 Memasang jaring sampah di Anak Kali Dese, wilayah Kelurahan Babakan Sari - Kiaracondong,  Selasa (17/09/2019)

60MENIT.CO.ID, Bandung --Subsektor 5-22 Satgas Citarum Harum terus berusaha meningkatkan kualitas sungai. Salah satu cara yang akan dilakukan yaitu memasang jaring sampah di anak kali dese Rw 3 Kelurahan Babakan Sari Kecamatan Kiaracondong.

Menurut Dansub 5 Sektor 22 Satgas Citarum Harum Peltu Seno, bahwa pemasangan jaring sampah dilakukan dapat meminimalisir sampah di sungai-sungai yang melintas sungai. Sehingga diharapkan, sungai di wilayah tersebut semakin bersih. 

"Pemasangan jaring sampah mempermudah mengetahui wilayah yang banyak membuang sampah. Itu juga harus diketahui oleh tiap bagian dan wilayah," kata Seno Kepada Wartawan. Selasa (17/9/2019).

Menurut dia, Sampah yang melintasi sungai-sungai di permukiman warga terus dibenahi. Meski terkesan sepele, namun membuang sampah ke sungai memiliki dampak yang besar dan merugikan banyak pihak.

Sayangnya, banyak masyarakat yang belum paham dan peduli terhadap dampak negatif kebiasaan tersebut.

60Menit.co.id
Selain berpengaruh pada kondisi sungai, pemasangan jaring sampah juga mengurangi potensi banjir. "Pengaruhnya yaitu sungai menjadi bersih, banjir berkurang dan lingkungan sekitar pun menjadi nyaman". kata Seno.

"Dengan adanya pemasangan jaring, dapat mendorong masyarakat yang berada di wilayah tersebut memiliki tingkat kesadaran dalam hal lingkungan. Karena semakin sering masyarakat membuang sampah di sungai maka di wilayah sungainya akan terjadi penumpukan sampah," Pungkasnya.

(Zho-Jpch)