Walikota Bandung, Kerjasama dengan Hamamatsu Bisa Merambahkan Bidang Lainnya
-->

Advertisement Adsense

Walikota Bandung, Kerjasama dengan Hamamatsu Bisa Merambahkan Bidang Lainnya

60 MENIT
Sabtu, 07 September 2019

60Menit.co.id - Walikota Bandung (Oded M. Danial) bersama pengurus Lembaga Persahabatan Indonesia Hamamatsu saat berkunjung ke Balai Kota Bandung, Jumat (6/9/2019)

60MENIT.CO.ID, Bandung -Walikota Bandung, Oded M. Danial berharap kerja sama dengan Kota Hamamatsu Jepang bisa merambah ke berbagai bidang. Sebelumnya, kerja sama yang sudah berjalan dalam bidang lingkungan dan pengelolaan air.

Wali kota menyampaikan harapannya itu kepada para pengurus Lembaga Persahabatan Indonesia Hamamatsu saat berkunjung ke Balai Kota Bandung, Jumat (6/9/2019). Selain pengurus lembaga yang berada di Indonesia, turut hadir juga jajaran pengurus lembaga dari Jepang.

“Terkait hubungan persudaraan ini kami sangat senang dan berharap ke depan bersama-sama terus membangun kerja sama di bidang pendidikan, budaya, penelitian dan lainnya. Kemarin pelatihan dengan PDAM tentang pengelolaan air dan pelatihan di bidang sanitasi,” kata wali kota di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Jumat (6/9/2019).

Ia berharap, beragam program kerja sama dengan Kota Hamamtsu juga bisa berdampak positif lebih besar bagi masyarakat. Kepentingan masyarakat tetap harus menjadi landasan setiap program kerja sama.

“Terpenting dari semua kerja sama ini adalah menghasilkan hal positif yang bisa langsung dirasakan oleh masyarakat masing-masing kota,” jelasnya.

Selain bersilaturahmi, Lembaga Persahabatan Indonesia Hamamatsu ini juga sekaligus memberikan informasi bahwa di pekan ini bakal digelar festival kebudayaan di Universitas Padjadjaran. Selain ciri khas Kota Hamamatsu secara spesifik, festival ini menampilkan budaya Jepang.

Ketua Lembaga Persahabatan Indonesia Hamamtsu, Tanaka sedikit mengungkapkan kendala dalam membuat festival kebudayaan di Indonesia. Salah satunya yaitu kesulitan untuk mencari tempat pelaksanaan acara.

“Setiap tahun itu masalah tempat dan bekerja sama dengan Persada (Persatuan Alumni dari Jepang) itu hanya bisa mengakses beberapa tempat di perguruan tinggi. Kami berharap penyelenggaraan ini bisa dirasakan banyak masyarakat secara langsung. Selama ini hanya oleh mahasiswa,” ujar Tanaka.

Pernyataan Tanaka tersebut pun langsung dijawab oleh wali kota. Menurutnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung siap membantu menyediakan tempat apabila untuk tahun berikutnya Hamamatsu hendak mengadakan acara serupa.

“Silahkan berbicara kepada kami. Kami ada banyak tempat. Terpenting kita berkoordinasi dulu dengan baik,” katanya.

Lebih lanjut wali kota menyatakan, menyambut gembira kedatangan jajaran pengurus Lembaga Persahabatan Indonesia Hamamtsu dari Jepang. Dia masih mengingat saat pemerintah dan warga Hamamatsu menyambut dengan ramah rombongan Pemkot Bandung ketika berkunjung ke sana.

“Saya sampaikan terima kasih atas kunjungannya ke Indonesia, khususnya ke Kota Bandung. Saya sudah dua kali ke sana (Hamamatsu). Saya senang sekali karena selama di sana luar bisa orang Hamamatsu sangat ramah dan sangat perhatian kepada tamunya,” katanya.

(Zho)