Kolonel Amir: Pada Sosialisasi Lanjutan, Ajak Masyarakat Perhatikan Kebersihan DAS Citarum

Advertisement

Kolonel Amir: Pada Sosialisasi Lanjutan, Ajak Masyarakat Perhatikan Kebersihan DAS Citarum

60 MENIT
Kamis, 24 Oktober 2019

60Menit.co.id - Kolonel Inf. Amir, Sosialisasikan Citafum Bafum "Ajak Masyarakat Perhatikan Kebersihan DAS Citarum" Kamis (24/10/2109)

60MENIT.CO.ID, KBB ☐ Sosialisasi lanjutan yang dilaksanakan oleh satgas Citarum sektor 9 dilaksanakan bersama masyarakat dan penggiat lingkungan di Aula Desa Cikande Kec Batujajar. Kamis (24/10/2019)

Kegiatan kali ini lebih ditekankan kepada merubah perilaku hidup sehat tertib disiplin sehingga timbul kesadaran masyarakat  dalam menjaga lingkungan dgn cara mengolah dan memilah sampah sebelum dibuang ke TPS.

Dihadapan 100 peserta sosialisasi ditambah dengan kehadiran Unsur dari Polsek Batujajar Kompol Jose, Babinsa Cikande Serka Kandar, Babinkantibmas Cikande Aipda Budi, Dansektor 9, (Kolonel Inf Amir) memaparkan tentang sampah dan kerusakan lingkungan.

Menurut Dansektor 9, tujuan diadakannya sosialisasi ini tujuannya adalah agar masyarakat di Desa Cikande lebih memperhatikan kebersihan tempat tinggal mereka pribadi serta lingkungan disekitarnya.

" Saya mengajak kepada masyarakat Cikande untuk berperan aktif dalam pemulihan DAS Citarum dari pencemaran dan kerusakan, kita bisa lihat bahwa persoalan yang ada di Citarum, salah satunya adalah sampah rumah tangga".

" Setiap musim penghujan, kita bisa lihat sampah dari mana mana yang mengalir di sungai Citarum, menumpuk di Waduk Saguling, jumlahnya bisa mencapai jutaan kubik," Ujar Dansektor 9.

" Sementara kita tahu, bahwa Waduk Saguling airnya dimanfaatkan  untuk pembangkit listrik yang menerangi Provinsi Jawa dan Bali, dan saat ini Saguling sudah mengalami pendangkalan, salah satunya diakibatkan oleh sampah yang dibuang ke sungai ataupun anak sungai," Ucap Kolonel Inf Amir Mahmud.

60Menit.co.id 

Ditambahkan oleh Dansektor 9," Kesadaran akan lingkungan harus kita mulai dari diri kita masing masing, selanjutnya kepada rumah tangga kita, lalu kelingkungan sekitar yang lebih luas".

" Harus diingat bahwa masih ada generasi setelah kita, jangan sampai kehidupan anak cucu kita nanti menderita karena lingkungan yang tercemar  karena ulah kita semua," Tutur Dansektor.

" Mari kita jaga alam maka alam akan menjaga kita, jangan pernah  mewariskan alam yang rusak kepada generasi yang akan datang," Tandas Kolonel Inf Amir Mahmud.

Sementara itu Adi perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup KBB, menyarankan agar masyarakat lebih bijak dalam membuang sampah.

" Pilahlah terlebih dahulu sampah yang akan dibuang, pisahkan antara sampah organik dan sampah anorganik, kalau kita bersahabat dengan sampah, itu akan menjadi nilai yang ekonomis," Ungkapnya.

" Selain memilah sampah, masyarakat juga diharapkan membuat lubang biopori di setiap rumah, itu sangat berguna sebagai resapan air," Katanya.

" Biasakanlah hidup bersih seperti yang tadi disampaikan oleh Dansektor, mulailah dari sekarang, jangan sampai karena ulah kita, lingkungan jadi tidak sehat," Pungkas Adi.

Setelah semua narasumber memaparkan tentang sampah dan lingkungan, acara dilanjutkan dengan tanya jawab dan foto bersama.

(***).