Masih Ada Masyarakat Buang Sampah ke Sungai, Sub 11-22 Pasang Jaring

Advertisement

Masih Ada Masyarakat Buang Sampah ke Sungai, Sub 11-22 Pasang Jaring

60 MENIT
Selasa, 05 November 2019

60Menit.com - Masih Ada Masyarakat Buang Sampah ke Sungai, Sub 11-22 Pasang Jaring, Selasa (5/11/2019)

60MENIT.CO.ID ☐ Satgas Subsektor 11 Citarum Harum seauai yang diprogramkan Komandan Sektor 22 (Kol. Inf. Asep Rahman Taufik), berupaya kuat meningkatkan kualitas sungai. Salahsatunya adalah memasang jaring sampah, kini dipasang di Sungai Cilameta Jalan Pangaritan Rt.4 Rw 3 Kelurahan Cipadung Wetan Kecamatan Panyileukan Kota Bandung, Selasa (5/11/2019)

Menurut Dansub 11 Sektor 22, Sertu Lili Ukandi, bahwa pemasangan jaring sampah dilakukan agar dapat meminimalisir sampah di sungai yang melintasinya. Sehingga diharapkan, sungai di wilayah tersebut semakin bersih dari sampah. 

"Pemasangan jaring sampah mempermudah mengetahui wilayah yang banyak membuang sampah, apalagi musim hujan masih banyak yang buang sampah ke sungai," kata Lili Kepada Wartawan. Selasa (5/11/2019).

60Menit.com
Menurutnya, Sampah yang melintasi sungai-sungai di permukiman warga terus dibenahi. Meski terkesan sepele, namun membuang sampah ke sungai memiliki dampak yang besar dan merugikan banyak pihak.

"Sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum paham dan peduli terhadap dampak negatif kebiasaan tersebut". Imbuh Lili.

Selain berpengaruh pada kondisi sungai, pemasangan jaring sampah juga dapat mengurangi potensi banjir. 

"Pengaruhnya yaitu sungai menjadi bersih, banjir berkurang dan lingkungan sekitar pun menjadi nyaman". kata Lili.

"Dengan adanya pemasangan jaring, dapat mendorong masyarakat yang berada di wilayah tersebut memiliki tingkat kesadaran dalam hal lingkungan. Karena semakin sering masyarakat membuang sampah di sungai maka di wilayah sungainya akan terjadi penumpukan sampah," Pungkas Lili.

(**)