Sub 05-22 Citarum Harum, Bongkar Bangli di Bantaran Sungai

Advertisement

Sub 05-22 Citarum Harum, Bongkar Bangli di Bantaran Sungai

60 MENIT
Minggu, 17 November 2019

60Menit.com - Satgas Sub 05-22 bersama Gober Kelurahan dan Baraya,  Minggu  (17/11/2019)
60MENIT.COM, Bandung ☐ Bangunan liar dipingir Sungai Cikapundung Kolot Kelurahan Maleer Rw. 04 Kecamatan Batununggal dibongkar satgas sub 05-22 Citarum Harum, Mingu (17/11/2019).

Pembongkaran tersebut melibatkan warga masyarakat, Gober Kel. Maleer, Baraya sektor 22 dan aparat kewilyahan, Seklur Maleer (Mohamad Mukti SE), Kasie Ekbang Kelurahan Maleer (Agus Supardan), Babinsa dan Ketua Rw. 04 Kelurahan Maleer Kecamatan Batununggal Kota Bandung, yang dipimpin oleh Dansub 05-22 (Peltu Seno).

Lurah maleer yang diwakili Seklur (Mohamad Mukti, S.E.) mengatakan kepada wartawan, bahwa pembongkaran tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan pemerintah terhadap program Citarum harum.

"Bangunan tempat rongsokan ini membuat kumuh suasana, kami menata lingkungan bantaran ini akan dibuatkan taman supaya sedap dipandang mata". Ucapnya.

Kerja bakti di subsektor 5 mampu mengerahkan warga masyarakat 3 Rw yaitu Rw 04, Rw 11 dan Rw12 berkat antusias warga masyarakat membantu kerja bakti ini karena dapat dirasakan langsung mampaatnya membuat lingkungan bersih dan nyaman.

60Menit.com
Menurut Peltu Seno, "Kerja bakti kali ini merapihkan Bantaran Sungai karena sudah terlihat kumuh, dengan bantuan masyarakat kita bisa lebih cepat merapihkannya bahkan membongkar bangunan liar" Ujarnya.

Selain pembongkaran bangunan, hari ini Subsektor 5-22 melaksanakan kegiatan karya bakti dan melakukan penanaman pohon sawo di area pemakaman, pembuatan Ipal Komunal di Rw. 12 dan Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) dengan lahan seluas 200 m² yang berlokasi di RW 11 Kelurahan Maleer Kec. Batununggal Kota Bandung.

"TPS3R ini diharapkan mampu menyerap sampah dari masyarakat yang di perkirakan  7 kubik setiap harinya" ucap Seno

Program ini sejalan dengan program pemerintah Kota Bandung yaitu program Kangpisman (kurangi, pisahkan dan manpaatkan) serta pencapaian Open Defication Free (ODF) 100% pada Th. 2020.

(***)