Budi Gan Gan : Libur Akhir Tahun, Garut Siap Menerima Wisatawan Domestik Maupun Mancanegara

Advertisement Adsense

Budi Gan Gan : Libur Akhir Tahun, Garut Siap Menerima Wisatawan Domestik Maupun Mancanegara

Wak Puji
Selasa, 17 Desember 2019

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut H. Budi Gan Gan SH., M.Si

60menit.co.id, Garut — Libur akhir tahun telah tiba, orang orang akan sibuk mencari destinasi wisata yang bisa dijadikan pilihan untuk menghabiskan waktu berlibur.

Hal itu akan menjadi kesempatan bagi sebagian tempat wisata untuk menaikan harga tiket masuk. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut memberikan surat edaran kepada tempat wisata dan hotel yang ada di Kabupaten Garut.

“Pihaknya sudah memberikan surat edaran kepada tempat wisata dan hotel agar meningkatkan pelayanan yang baik terhadap wisatawan,” ungkap Kepala Disparbud Kabupaten Garut, Budi Gan Gan kepada 60menit.co.id, Selasa (17/12/2019).

Tak hanya itu ucap Budi, setiap tempat wisata dan hotel tidak boleh menaikkan harga di luar ketentuan, karena itu ada kesepakatan yang harus menjaga ketertiban dan keamanan di setiap lokasi.

Dikatakan Budi, setiap tempat wisata maupun hotel harus bisa memelihara ketentraman sosial, kebersihan dan harus senantiasa menaati ketentuan yang sudah dicantumkan.

Bagi yang melanggar, nanti kita akan memberikan teguran dan sanksi. Bahkan pihaknya bisa saja tidak memberikan izin untuk perpanjangan operasional atau ditangguhkan setelah kita memberikan surat edaran,” tambahnya.
Destinasi Pantai Rancabuaya (foto : Istimewa)

Pada kesempatan lain Plt Kabid Kepariwisataan Rana D S.Ip saat ditemui 60menit.co.id , mengatakan bahwa Kabupaten Garut terutama destinasi pariwisata sedang melaksanakan pembenahan guna menjelang libur natal dan tahun baru 2020.

"Kami sedang mempersiapkan segala sesuatunya dalam menyiapkan kunjungan baik wisatawan nusantara atau mancanegara yang akan datang ke Kabupaten garut agar wisatawan yang datang merasa nyaman dan pulang dengan menghasilkan kenangan " katanya

"Kami juga akan berupaya sebaik mungkin setiap destinasi pariwisata berpedoman pada Sapta Pesona (aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah tamah dan kenangan) yang kita terapkan selama ini di destinasi pariwisata di Kabupaten Garut" tambahnya.

Wawan Kulnaedin, SE selaku Kepala UPTD Situ Cangkuang Kecamatan Leles yang Destinasi wisatanya menjadi unggulan di Kabupaten Garut menjelaskan " untuk di Situ Cangkuang menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2020, untuk persiapan awal di selain di utamakan pelayanan lebih di tingkatkan supaya pengunjung lebih menarik di Situ Cangkuang kami mebrending walaupun tdk optimal yg peting ada perubahan" kata Wawan.

Destinasi wisata Situ Cangkuang 

"Dan di Situ Cangkuang menjelang libur natal dan tahun baru kami tidak mengadakan acara apapun, dan karena Situ Cangkuang merupakan wisata air karena orang yang akan ke kampung Pulo yang terdapat Candi hanya dapat dilalui perjalanannya menggunakan rakit kami menyiapkan Balawista (Bala Penyelamat Wisata Tirta) atau yang di kenal dengan Lifeguard agar pengunjung aman dalam penyebrangan". Pungkasnya. (Djie)