BUPATI GARUT : BILA MASYARAKAT MELIHAT ATAU MENGALAMI PRAKTIK PUNGLI DI DESTINASI WISATA, LAPORKAN

Advertisement Adsense

BUPATI GARUT : BILA MASYARAKAT MELIHAT ATAU MENGALAMI PRAKTIK PUNGLI DI DESTINASI WISATA, LAPORKAN

Wak Puji
Kamis, 26 Desember 2019

60menit.co.id, Garut - Menjelang perayaan pergantian tahun 2020, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut sudah melakukan koordinasi dengan pihak Polres dan Dandim untuk melakukan pengamanan. Terutama di titik yang akan dijadikan tempat malam pergantian tahun.

"Kita sudah koordinasi dengan Polres dan Dandim untuk melakukan pengamanan," ujar Bupati Garut, Rudy Gunawan, SH, MH, Kamis (26/12).

Dikatakan Rudy, selain melakukan pengamanan pada malam pergantian tahun, pihaknya juga meminta pada penegak hukum untuk menangkap oknum-oknum yang melakukan pemerasan atau pungli di sejumlah tempat keramaian terutama di tempat wisata yang ada di Kabupaten Garut.

"Kita tidak mau dikotori adanya pemerasan dan pungli di tempat wisata, kita meminta untuk ditindak tegas para pelaku pemerasan dan pungli pada wisatawan," ucapnya.

Ia juga mengimbau pada seluruh masyarakat dan wisatawan untuk melaporkan pada petugas kemanan yang diterjunkan baik dari unsur Polri dan TNI, jika menemukan adanya praktik pungli.

"Pemerintah Kabupaten Garut akan all out dalam pengamanan malam pergantian tahun serta menindak tegas para pelaku pemerasan dan pungli di sekitar tempat wisata. Kita ingin memberikan kenyamanan bagi para wisatawan yang henda berlibur di Kota Garut," tegasnya.

Untuk pengamanan malam pergantian tahun di wilayah pantai selatan, Rudy mengaku, akan menerjunkan banyak personil petugas baik dari unsur Polri, TNI, Brimob dan Dishub.

"Sayangheulang dan pantai santolo di wilayah selatan kita akan tambah personel pengamanan. Banyak keluhan di dua lokasi tersebut," ucapnya.

Sedangkan untuk di pusat Kota Garut, Rudy menuturkan akan difokuskan di pusat kota pengamanannya termasuk di kawasan wisata Cipanas dan Darajat.


"Pergantian tahun baru dan liburan harus nyaman sehingga wisatawan bisa benar-benar menikmati wisata yang ada di Kabupaten Garut," pungkasnya. (Djie)