Dansub 07-22 Bersama Camat Sukajadi Resmikan IPAL Tinja Komunal

Advertisement Adsense

Dansub 07-22 Bersama Camat Sukajadi Resmikan IPAL Tinja Komunal

60 MENIT
Minggu, 19 Januari 2020

60Menit.com - Dansub 07-22 (Peltu Bayu Dc) Bersama Camat Sukajadi Resmikan IPAL Tinja Komunal, Minggu (19/01/2020)

60MENIT.CO.ID, Sukajadi ☐ Camat Sukajadi, Drs. Yudi Hermawan bersama Dansub Sektor 7 – 22 Citarum Harum, Peltu Bayu DC mewakili Dansektor 22 Citarum Harum dan Ketua KSM Manunggal Syarifudin meresmikan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Tinja Komunal di RT. 04 RW 01 Kelurahan Sukawarna Kecamatan Sukajadi Kota Bandung, Kamis, 16/1/2019.

Camat Sukajadi, Drs. Yudi Hermawan mengatakan pembangunan Ipal Komunal ini menelan biaya sebesar Rp. 500 Juta, merupakan bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui KSM Manunggal yang difasilitasi oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22. Dalam jangka waktu 3 (tiga) bulan, Pengerjaan pembangunan Ipal Komunal dapat terselesaikan dan hari ini kita resmikan,” ungkap Camat Sukajadi.

Lebih lanjut diungkapkan Camat Sukajadi, bahwa Ipal Komunal di RT 04 RW 1 ini, berukuran 11 X 3 X 3 Meter, dan 412 meter sambungan perpipaan dari 75 rumah, 97 Kepala Keluarga terdiri dari 297 jiwa penerima manfaat. "Kelurahan Sukawarna sudah memiliki 3 (tiga) Ipal Komunal, dan yang satunya terletak di RW 5 dalam tahap pembanguna, pengerjaannya sudah mencapai 80%," ucap Camat Sukajadi.

Menurut Camat Sukajadi, keberadaan Ipal Komunal sangat bermanfaat sekali dalam rangka meningkatkan akselerasi percepatan Open Defecation Free (ODF), yaitu kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan. Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit. Sebagai tolak ukur pencapaian ODF 100% Tahun 2020, maka diperlukan jamban sehat atau septicktank ditiap rumah,” ujar Camat Sukajadi.

60Menit.com
Tahun 2020 ini, perencanaan pembangunan septick tank di Kelurahan Cipedes dan Kelurahan Pasteur. Kita lebih fokuskan pembangunan septick tank ditiap-tiap RW baik melalui PIPPK, swadaya dengan merangkul perusahaan-perusahaan yang ada dilingkungan wilayah Kecamatan Sukajadi. Sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya jamban sehat ditiap-tiap rumah terus kita lakukan. Bahkan kita tekankan kepada BKM-BKM untuk program rutilahu (Rumah Tidak Layak Huni), dalam RAB Pembangunannya harus dicantumkan pembangunan septick tank," imbuh Camat Sukajadi.

Pada kesempatan tersebut, Ketua KSM Manunggal Syarifudin menyampaikan rasa tarimakasih dan bangganya bisa berkolaborasi bersama Satgas Citarum Sub Sektor 07-22 Citarum Harum yang dipimpin oleh Peltu Bayu Dc.

"Dengan adanya Satgas Citarum Harum Sektor 22, koordinasi pembuatan septic tank komunal menjadi lebih cepat terealisasi, terbukti dengan awal diajukannya bulan Juni tahun 2019, pekerjaannya, bulan oktober, dan Bulan Januari 2020 diresmikan dan manfaatnya dapat dirasakan warga masyarakat," Syarifudin.

60Menit.com
Hal senada diutarakan Ketua KSM Hijrah yang diwakili oleh Ketua Rw.05 menyampaikan rasa senang bisa mendukung Program Pemerintah dengan adanya pembangunan septic tank komunal di wilayah ini.

"Semua ini tidak terlepas dari keterlibatan Satgas Citarum Sektor 22 Sub 07 yang terus bersosialisasi dan mencari titik - titik yang bisa digunakan untuk membangun septic tank komunal," tutur Haris

Sementara itu, Dansub Sektor 7 - 22 Citarum Harum Peltu Bayu DC mewakili Komandan Sektor 22 Citarum Harum, Kol. Inf. Asep Rahman Taufik mengatakan pada awak media tim 8, "Pembangunan Ipal Komunal adalah salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan pencemaran Limbah Domestik sebagai sumber Bakteri Echoli ke Sungai Citarum," tegasnya

Dengan dibangunnya Ipal Komunal ini maka kotoran manusi (Tinja) akan diolah dan terurai melalui metoda bakterial didalam Ipal Komunal, setelah melalui proses itu kotoran akan berubah menjadi cairan yang layak buang dalam kondisi bersih sehingga akan mengurangi beban pencemaran di Sungai.

(**)