POLRES GARUT LAKSANAKAN GIAT PENGHIJAUAN DI HARI SEJUTA POHON AGAR BUMI BERSERI

Advertisement Adsense

POLRES GARUT LAKSANAKAN GIAT PENGHIJAUAN DI HARI SEJUTA POHON AGAR BUMI BERSERI

Wak Puji
Jumat, 10 Januari 2020


60menit.com, Garut - Bertempat di jalan raya Kamojang Kecamatan Samarang, Kabupaten  Garut dilaksanakan kegiatan Polri Peduli Penghijauan dengan tema "Penanaman Pohon Dalam Rangka Hari Sejuta Pohon Sedunia".

Giat tersebut merupakan gerakan penanaman pohon, kerja sama Polres Garut dan Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Garut serta Forum Komunikasi pimpinan Daerah  (Forkopimda) Kabupaten Garut.

Pada kesempatan tersebut hadir Dandenpom III/2 Garut Letkol. CPM Yulius Amra, Dandim 0611/Garut Letkol Inf. Erwin Agung T.W.A, Mtr, (Han), WakaPolres Garut Kompol Abdul Kholik S.I.K., Kasdim 0611/Garut Mayor Inf. Hamzah, Ka Lapas, Pimpinan Pertamina PGE Area Kamojang, Kepala BPBD, Kabag Ops Polres Garut Kompol Apri Rahman, SE, PJU Polres Garut, PJU Kodim 0611 /Garut, Ka Kesbangpol  Garut, dan undangan lainnya yang berjumlah lebih kurang 1.200 orang.

Sebelumnya dilakukan apel gabungan untuk lebih terkoordinasinya giat penanaman pohon di lahan seluas 30.000 m², dengan jumlah Pohon yang di tanam sebanyak 3.000 Pohon dari jenis pohon keras diantaranya pohon eucalyptus sebanyak 1.500, Pinus sebanyak 1.500 pohon.

Apresiasi terhadap Polri yang telah mengadakan kegiatan peduli penghijauan berupa penanaman pohon disampaikan Adm. KPH  Asep Setiawa S.Hut yang menyebutkan sesungguhnya tugas dalam hal pelestarian lingkungan termasuk penghijauan adalah  tanggung jawab Perhutani

"Semoga kegiatan ini perdampak positif  baik dalam pelestarian lingkungan maupun pencegahan bencana", harapnya.

Sementara amanat Dandim  0611 /Garut Letkol Inf. Erwin Agung T.W.A, Mtr, (Han) menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh undangan yang hadir dalam agenda kegiatan penanaman pohon yang merupakan program pemerintah dalam gerakan penghijauan.

"Kegiatan penghijauan ini merupakan program kegiatan teritorial untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup di wilayah Kabupaten Garut, juga merupakan solusi jangka panjang untuk melindungi tanah dari erosi agar tidak terjadi longsor", tegasnya.

Di tempat yang sama amanat Kapolres Garut yang dibacakan WakaPolres Garut Kompol Abdul Kholik S.I.K menekankan semua pihak tidak hanya menanam tetapi harus menjaga, merawat dan memelihara penanaman pohon.

"Program ini membantu pemerintah dalam hal efek pemanasan global dan penanggulan bencana, juga saya tegaskan kegiatan Polri peduli penghijuan telah dilaksanakan dari Bulan Desember 2019 di lingkungan Mako Polres, Polsek dan Asrama Polres serta di lingkungan di luar Mako Polri Polres Garut", terangnya.


Pada giat Penanaman Pohon dalam rangka hari sejuta pohon sedunia ini dilakukan juga penyerahan simbolis bibit pohon dan dilanjutkan dengan menanam bersama. (Djie)