POLSEK TAROGONG KALER GELAR PENGHIJAUAN DI GUNUNG GUNTUR ATASI BANJIR BANDANG

Advertisement Adsense

POLSEK TAROGONG KALER GELAR PENGHIJAUAN DI GUNUNG GUNTUR ATASI BANJIR BANDANG

Wak Puji
Jumat, 03 Januari 2020


60menit.co.id, Gasrut - Kepolisian Resort Tarogong Kaler Polres Garut  menanam bibit pohon 30.000 pohon Albasiah diarea 5 Ha Kawasan lereng Gunung Guntur Kecamatan Tarogong Kaler Kabupaten  Garut, Jumat (3/1/2020).

Penanaman yang melibatkan Anggota Polri, Masyarakat , BKSDA Resort Garut,  Koramil dan Kecamatan Tarogong Kaler.

Kapolsek Tarogong Kaler , IPDA Asep Saepudin, SH  mengatakan,  ada 30.000 pohon Albasiah ini  jenis yang ditanam keras, yang sangat baik untuk menahan air.
Kapolsek Tarogong Kaler IPDA Asep Saepudin, SH saat penanaman Pogon sebagai simbol Penghijauan dimulai

" Kami sangat peduli terhadap Lingkungan sepwerti kita ketahui sebelumnya gunung guntur mengalami kebakaran yang sangat luas dan pada saat ini kita diguyur hujan yang sangat lebat, sehingga yang kita khawatirkan akan terjadinya bajir bandang, mangkanya polsek Tarogong Kaler berinisiatif mengadakan penghijauan " Kata IPDA  Asep.

Program ini juga untuk menindaklanjuti  arahan Kapolri  dan Kapolres Garut  yaitu Polri peduli penghijauan. Harapannya, dengan adanya penanaman yang dilakukan sekarang, maka 10 tahun ke depan pohonnya akan semakin besar dan membuat Gunung Guntur menjadi hijau kembali dan dapat menhatasi tidak terjadi banjir yang akan melanda masyarakat Tarogong Kaler " Tambahnya.
Suasana Penghijauan di lokasi Gunung Guntur

"Polri juga ingin berkontribusi terkait kelestarian alam terlebih saat ini terjadi global warming, 10 tahun ke depan maka akan bisa dilihat maupun dirasakan manfaatnya, karena pohonnya akan tumbuh besar," ujarnya saat penanaman.

Kegiatan Penghijauan ini diawali dengan kegiatan Apel  Persiapan yang dipimpin oleh Kapolsekl Tarogong Kaler dan dihadiri oleh Camat Tarogong Kaler,  Danramil Tarogong III, BKSDA Resort Garut, dan Paguyuban Guntur Berkaya yang berjumlah 100 orang

" Kegiatan Bakti penghijauan ini dimulai 08.00 dan peserta penghijauan akan di hentikan sementara pada pukul 10.30 untuk melaksanakan persiapan shalat Jum'at" Ujar IPDA Asep.

Camat Tarogong Kaler Drs. Saefulrohman menyatakan, terima kasih atas perhatian Polri yang telah ikut melestarikan hutan dengan cara menanam pohon terutama mencegah terjadinya bahaya Banjir Bandang terutama di wilayah Kecamatan tarogong Kaler.


"Penghijauan ini kita anggap sebagai sedekah bumi, semoga dengan adanya penanaman maka kualitas lingkungan semakin baik," pungkasnya IPDA Asep Saepudin, SH. (Djie)