BAZNAS KABUPATEN GARUT LUNCURKAN 28 Z-MART SEBAGAI WARUNG PENYALUR BPNT DI KABUPATEN GARUT

Advertisement Adsense

Bupati Garut

Bupati Garut

Kadispora Kab. Garut

Kadispora Kab. Garut

Kadis Pertanian Garut

Kadis Pertanian Garut

BAZNAS KABUPATEN GARUT LUNCURKAN 28 Z-MART SEBAGAI WARUNG PENYALUR BPNT DI KABUPATEN GARUT

Wak Puji
Senin, 10 Februari 2020


60menit.com, Garut - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Garut, luncurkan 28 unit minimarket milik mustahik di Wilayah Kabupaten Garut. Peluncuran sendiri diselenggarakan di Z-Mart di Jalan Raya Samarang-Garut, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Senin (10/02). 

Zmart merupakan usaha perdagangan ritel dengan skala usaha yang masih kecil dan dikelola secara tradisional, baik dari sisi pengadaan barang, manajemen keuangan, operasional, pembelian hingga pemasaran yang menjual kebutuhan sehari-hari.

Ditemui di kantornya, Ketua Baznas Kabupaten Garut, Rd H Aas Kosasih S Ag M Si mengatakan, Z-Mart merupakan program pemberdayaan ekonomi mustahik dalam upaya meningkatkan eksistensi dan kapasitas usaha ritel mikro untuk mengatasi kemiskinan di wilayah urban. 

Setiap Zmart juga, imbuh Aas, dilengkapi dengan platform pembayaran digital melalui Payment Point Online Bank (PPOB). Fasilitas ini diharapkan bisa mempersiapkan Z-Mart sebagai warung penyalur Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).


"Melalui Z-mart, Baznas berharap mampu mengangkat skala usaha mustahik binaan Baznas menjadi lebih besar. Kegiatan dari program ini antara lain memperbaiki warung atau tempat berjualan para mustahik, memberikan pelatihan manajemen dan memperbaiki sistem keuangan serta memberikan pendampingan manajemen," kata Aas usai menggelar peresmian Z-Mart

Adapun pemberian bantuan dan aktivitas pendampingan di dalam program Zmart, lanjut Aas, yaitu Renovasi warung dan pemasangan Branding Zmart, Bantuan peralatan warung berupa rak-rak display produk, Bantuan hibah modal usaha untuk pengadaan dan diversifikasi produk, Instalasi sistem IT Zmart (aplikasi smartphone, sistem kasir, pelaporan usaha online & real time), Integrasi suplai produk Zmart point dengan Zmart Wholesale atau Distribution Center (DC) Zmart, Kemitraan dengan pembayaran non tunai (Laku Pandai/PPOB) dan lain-lain.

"Alhamdulillah di Kabupaten Garut sudah di inisiasi 28 Warung Z-Mart pada tahap pertama dari rencana target sebanyak 50 Warung zmart yang tersebar di tiga Kecamatan yakni Garut Kota, Tarogong Kidul dan Tarogong Kaler. Program Z-Mart yang sekarang berjalan adalah program kerjasama Antara BAZNAS Pusat, BAZNAS Provinsi Jawa Barat dan BAZNAS Kota Bandung," pungkasnya. (Djie)