PUSKESMAS BAYONGBONG LOUNCHING GEBER POCI DI DESA BAYONGBONG GARUT

Advertisement Adsense

Bupati Garut

Bupati Garut

Kadispora Kab. Garut

Kadispora Kab. Garut

Kadis Pertanian Garut

Kadis Pertanian Garut

PUSKESMAS BAYONGBONG LOUNCHING GEBER POCI DI DESA BAYONGBONG GARUT

Wak Puji
Jumat, 21 Februari 2020


60menit.com, Garut - Upaya memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat, setiap Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) dituntut untuk bisa melakukan inovasi. Hal ini yang dilakukan oleh UPT Puskesmas Bayongbong, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, yang secara resmi Launching program inovasi yang disebut dengan “Gerakan Bersama Program Terintergrasi (Geber Poci)”, di Kantor Desa Bayongbong, Kecamatan Bayongbong, Jum’at (21/02).

Geber Poci ini dilakukan dalam upaya pencegahan dan penanggulangan masalah kesehatan prioritas yang mencakup Penurunan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi (AKI-AKB), Pengendalian Stunting, Peningkatan Kualitas Imunisasi, Program PTM, Penanggulangan dan Pengendalian TB Paru dan Eliminasi HIV/AIDS, Hepatitis serta Sifilis.

Kepala UPT Puskesmas (Kapus) Bayongbong, Hj Eulis Dahniar AMd Keb SKM, menuturkan, bahwa program inovasi Geber Poci ini dilaksanakan sebulan dua kali pada minggu ke tiga dan ke empat. Untuk awal sekaligus launching, kegiatan dilaksanakan di Desa Bayongbong dan berlanjut di seluruh desa di wilayah kerja UPT PKM Bayongbong.

“Alhamdulillah diluar dugaan peserta yang datang dan memeriksakan kesehatannya cukup banyak dan terlihat antusias sekali,” ucap Eulis.

Kapus Eulis menambahkan, pelaksanaan inovasi ini dilakukan secara bersama-sama oleh Program TB, KIA, Promkes, Analis, Gizi, program HIV/Aids dan PTM, Imunisasi dan juga Bidan Desa Bayongbong tentunya.

Geber Poci ini, tambah Eulis, sebelumnya sudah di sosialisasikan di tingkat kecamatan dalam acara Loka Karya Mini Triwulan di Aula Kecamatan Bayongbong, yang dihadiri oleh Forkopimcam Bayongbong dan seluruh Kepala Desa di wilayah kerja UPT Puskesmas Bayongbong.

Data atau hasil pemeriksaan ini kata Eulis, selanjutnya akan diolah dan dianalisa serta dijadikan data rujukan untuk menentukan kebijakan atau program kesehatan selanjutnya di wilayah kerja puskesmas.

Petugas Kesehatan sedang cek up kedehatan masyarakat.
(Foto : istimewa)

Sementara, Kepala Desa Bayongbong Agus Nazar, menyambut baik dan sangat mengapresiasi atas upaya yang dilakukan oleh UPT Puskesmas Bayongbong dalam memberikan pelayanan Kesehatan khususnya bagi masyarakatnya.

“Saya berharap program ini terus berlanjut dan berkesinambungan,” harap Agus.

Terpisah, Kader Desa Bayongbong, Een Suhaeni (40), yang juga merupakan kader Posyandu dan sekaligus sebagai kader TB yang pada saat kegiatan berlangsung dan ikut terlibat langsung membantu mengatakan, bahwa program ini sangat bagus dan membantu masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

Een berharap program ini berkelanjutan dan berharap pelaksanaannya lebih rapi dan lebih ditingkatkan lagi sosialisasi tentang program ini. (Djie)