BUPATI GARUT PERINTAHKAN SATPOL PP RAZIA ANAK SEKOLAH BERKELIARAN DIJALANAN

Advertisement Adsense

BUPATI GARUT PERINTAHKAN SATPOL PP RAZIA ANAK SEKOLAH BERKELIARAN DIJALANAN

Wak Puji
Selasa, 17 Maret 2020


60menit.com, Garut - Bupati Garut Rudy Gunawan menginstruksikan agar Satpol PP terus melakukan patroli untuk memastikan tidak ada anak-anak sekolah berkeliaran di luar rumah pada masa dua minggu sekolah diliburkan. Jika ada anak kedapatan berkeliaran, petugas Satpol PP harus langsung mengantarkannya kepada orangtuanya.

Untuk mendukung kelancaran tugas Satpol PP, Bupati menyatakan pihaknya akan menyiapkan sejumlah kendaraan tambahan, terutama kendaraan yang selama ini sering tidak digunakan.

“Jadi harus dipastikan tidak ada celah anak untuk main, dan Satpol PP lakukan langkah-langkah untuk melakukan patroli terutama di tempat game online, atau di tempat-tempat tertentu, dan kita akan siapkan kendaraan-kendaraan yang tidak digunakan,” kata Bupati Garut saat memberikan arahan di hadapan para kepala SKPD, di Lapang Setda Kabupaten Garut, Selasa (17/03/2020).

Menurutnya, kendaraan yang ada di Pendopo pun bisa dipergunakan untuk kelancaran tugas Satpol PP.

Tindakan seperti itu, lanjut Bupati, harus diambil untuk membuktikan bahwa Pemkab Garut tidak membiarkan anak berkeliaran akibat kebijakan meliburkan sekolah terkait upaya mencegah wabah Corona.

Masih dalam arahannya, Bupati menginstruksikan agar para kepala SKPD mengikuti terus perkembangan terkait corona dan kebijakan pusat yang diimplementasikan dengan Surat Edaran Bupati Garut Nomor 443.2/904/KESRA tentang Tindak lanjut Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID) 19.

“Kita membuat kebijakan sesuai arahan pemerintah pusat dan melihat kondisi daerah adalah dengan meliburkan anak-anak sekolah mulai dari tingkat PAUD sampai SMP,” katanya.

Bupati mengakui, dampak dari kebijakan tersebut cukup luas, di antaranya muncul berbagai kekhawatiran dari keluarga.

“Keluarga khawatir anak-anak main di sembarang tempat, orangtua juga khawatir anak-anak tidak disipTerus Berpatrolilin karena tidak tahu apa yang harus dikerjakan di rumah,” paparnya. (Djie)