KABUPATEN GARUT MENEKANKAN PROGRAM SOCIAL DISTANCING MELAWAN CORONA

Advertisement Adsense

KABUPATEN GARUT MENEKANKAN PROGRAM SOCIAL DISTANCING MELAWAN CORONA

Wak Puji
Sabtu, 21 Maret 2020


60menit.com, Garut - Virus Corona masih mewabah di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Pemerintah RI pun menyarankan warga menerapkan social distancing untuk membatasi penularan virus ini.

Seperti dilansir dari laman The Washington Post, social distancing merupakan upaya mencegah penularan infeksi penyakit dengan menjaga jarak dari kerumunan massa. Social distancing merupakan tindakan preventif untuk memutus mata rantai penyebaran wabah seperti Corona ini.

Tindakan social distancing bisa berupa menghindari kerumunan di transportasi umum, bisa pula berupa pembatalan sejumlah acara pertemuan massa.

Social distancing terbukti ampuh menjaga grafik angka penularan infeksi tetap landai alias kecil. Sejarah telah memberikan pelajaran tentang ini. Sebuah riset yang dilakukan oleh Akademi Nasional Sains Amerika Serikat menjelaskan social distancing berhasil menekan angka kematian pada pandemi influenza pada 1918 yang pernah menghajar AS.

Begitupun yang program yang yang disosialisasikan di kabupaten Garut kepada masyarakat betapa pentingnya kita menerapkan social distancing selama 2 pekan ini.

Sebagaimana diketahui, virus Corona telah ditetapkan menjadi pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Virus ini menyebar ke berbagai negara tanpa pandang bulu.


Pemerintah Kabupaten Garut  melalui Juru bicara Tim Informasi dan Koordinasi  Covid-19  Kabupaten Garut, Ricky Rizky Darajat, SH, M.Si, masyarakat untuk tetap  tenang namun waspada dan mengingatkan agar masyarakat untuk mambatasi diri.

"Dengan kondisi saat ini, alangkah baiknya kita menghindari dulu berkumpul dengan banyak orang, saatnya kita bekerja pun di rumah, belajar dari rumah, inilah dan bersama-sama  bersatu padu, melawan virus Corona ini," kata Ricky R Drajat saat dihubungi 60menit.com mellaui selular, Sabtu (21/03/2020).

Seperti yang selalu  dipesankan Bupati, Wakil Bupati  kepada Ricky,  dalam setiap sosialisasi meminta untuk membantu pemerintah mencegah penyebaran virus Corona dan meminta warga melakukan pola hidup bersih dan sehat dan hindari dulu berinteraksi dengan banyak orang.

"Penularan terjadi karena interaksi orang ke orang, karena itu kita semua harus melakukan social distancing untuk saat ini," pungkasnya. (Djie)