Diduga Adanya Seorang OTG Yang Baru Datang Dari Jakarta Pantauan Wisma Atlit
-->

Advertisement Adsense

Diduga Adanya Seorang OTG Yang Baru Datang Dari Jakarta Pantauan Wisma Atlit

Wak Puji
Minggu, 19 April 2020


60menit.com, Garut - Perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Garut hingga Minggu (19/04), berdasarkan data yang diperoleh dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Garut hingga pukul 16.00 WIB maka dapat disampaikan, untuk kasus Covid-19 Positif sampai hari ini tidak ada perubahan dan masih tetap 3 kasus, yaitu Laki-laki 2 kasus dan 1 perempuan. Sampai hari ini, total kasus OTG, ODP, PDP dan Konfirmasi + di Kabupaten Garut sebanyak 2.482 kasus.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut, Ricky Rizky Darajat,SH., M.Si mengatakan, Hari ini mendapatkan laporan, dugaan adanya OTG (Laki-laki 20 tahun, Kec. Cisurupan) yang baru datang dari Jakarta. 

"Hasil penelusuran tim surveilans dan UPT 
Puskesmas Cisurupan diperoleh data, bahwa OTG tersebut memiliki riwayat pernah kontak dengan kasus konfirmasi di Jakarta dan telah mendapatkan pemantauan di Wisma Atlet Jakarta selama 10 hari (mulai 8 s.d 18 April 2020 - Red), Pada hari ini pula, Tim kesehatan UPT Puskesmas Cisurupan langsung melakukan langkah-langkah respon :
  1. Surveilans ketat berupa pengambilan sampel melalu rapid test dan hasilnya dinyatakan non reaktif;
  2. Berkoordinasi dengan pihak terkait (unsur pemerintahan desa) dan kepolisian setempat untuk pemantauan kesehariannya;
  3. Diwajibkan kepada OTG tersebut untuk isiolasi mandiri selama 14 hari ke depan,

Dan dipastikan hari ke-10 untuk diulang kembali pemeriksaan rapid test. " kata Ricky

Selanjutnya Hari ini pula, diperoleh informasi adanya orang yang meninggal dengan riwayat dari zona merah (Jakarta) ke Kecamatan Sukaresmi. 


"Pada saat pemberitaan ini, proses penelusuran oleh tim kesehatan UPT Puskesmas Sukamulya Kec. Sukaresmi masih berlangsung. Informasi lebih lanjut akan disampaikan sesegera mungkin" tambah Ricky.

Ricky melanjutkan, hari ini  kasus Sampai hari ini, OTG : 316 orang (8 OTG baru dan 308 OTG lama), dimana 157 masih dalam tahap observasi dan 159 selesai masa observasi; ODP : 2.128 kasus (93 kasus masih pemantauan, 4 dalam perawatan, dan 3.031 selesai pemantauan dimana 8 diantaranya meninggal) dan dilaporkan bahwa jumlah ODP yang terdeteksi hari ini di fasilitas kesehatan, yaitu sebanyak 24 kasus; PDP : 35 kasus (2 kasus sedang dalam perawatan dan 33 kasus selesai pengawasan dimana 6 diantaranya meninggal);

Diharapkan kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Garut, Bupati Garut Rudy Gunawan selaku Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut melalui Jubir, Demi percepatan mata Rantai Covid-19 Dikabupaten Garut diharapkan seluruh warga masyarakat Kabupaten Garut untuk tidak keluar rumah dan tetap melakukan sosial distancing, seringlah cuci tangan dengan sabun setiap melaksanakan aktifitas. (Djie/Garut)