Gugus Tugas Covid-19 di Kelurahan Tanpa Anggaran, Ini Kata Ketua DPC PDIP Garut
-->

Advertisement Adsense

Gugus Tugas Covid-19 di Kelurahan Tanpa Anggaran, Ini Kata Ketua DPC PDIP Garut

Wak Puji
Selasa, 07 April 2020



60menit.com, Garut - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Garut dari Fraksi PDI Perjuangan, Yudha Puja Turnawan meminta Pemkab Garut melakukan pergeseran anggaran untuk mitigasi dan penanggulangan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di wilayah kelurahan.

“Untuk pemerintahan tingkat kelurahan belum ada revisi anggaran khusus penanggulangan Covid 19. Sementara ini untuk penanganannya sudah dibentuk gugus tugas tingkat kecamatan dan kelurahan. Di Garut ada 21 kelurahan, Pemda harus memberikan perhatian untuk kelurahan yang memang hari ini termasuk dana kelurahan belum turun, kalaupun turun juga agak bingung karena pergeseran anggaran belum ada (revisi penganggaran untuk penanganan covid,” kata Yudha saat melakukan bakti sosial DPC PDI-P Garut di Kelurahan Sukanegla, Kecamatan Garut Kota, Selasa (7/4).

Menurut Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Garut ini, keadaan ini kurang sejalan dengan beban tugas yang diemban kelurahan yang harus berperan dalam upaya mitigasi penyebaran virus corona. Terlebih, kata politisi PDI-P ini, sejumlah kelurahan yang memang seharusnya dicover Pemda, mayoritas berada di perkotaan, dimana satu kasus positif Covid-19 ditemukan.

“Penganggaran untuk pemerintah kelurahan bisa dilakukan melalui insentif daerah, dana BTT, DBHCT atau lainnya,” jelas Yuda.

Anggaran tersebut, lanjutnya, bisa digunakan untuk upaya mitigasi penyebaran virus atau Rapid Test kepada sejumlah warga yang berpotensi terpapar virus.

“Yang ODP, PDP sudah cukup banyak di Kabupaten Garut hingga ribuan jumlahnya. Sedangkan Rapid Test baru ada 238. Ini harus dioptimalkan. Untuk menghilangkan keresahan warga, maka harus ada rapid test (untuk mengecek orang-orang yang memiliki potensi terpapar Covid-19, red), jadi kalau sudah diketahui negatif mereka bisa lebih tenang, jikalau diketahui positif kan ada tindakan lebih lanjut,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, DPC PDI-Perjuangan Garut melakukan penyemprotan di beberapa tepat di Sukanegla, serta pembagian hand sanitizer dan masker kepada warga.

“Covid-19 harus dilawan dengan berbagai upaya,” kata Yudha. (Djie)