Hujan, Sebabkan Longsor di Kecamatan Banjarwangi Kabupaten Garut
-->

Advertisement Adsense

Hujan, Sebabkan Longsor di Kecamatan Banjarwangi Kabupaten Garut

Wak Puji
Rabu, 08 April 2020


60menit.com, Garut - Bencana alam tanah longsor akibat curah hujan yang tinggi, di wilayah Kecamatan Banjarwangi Kabupaten Garut tepatnya di Jl. Raya Banjarwangi Ds. Wangunjaya Kec. Banjarwangi yg diakibatkan oleh ambruknya tebing setinggi 5 M yg menutup sebagian badan jalan sehingga arus lalin buka dilalui dgn sistem buka tutup.

Hal itu dibenarkan Kapolsek Banjarwangi Iptu Asep Saepudin, SH, tebing longsor ini terjadi pukul 16.00 WIB, tepatnya di Jl. Raya Banjarwangi Ds. Wangunjaya Kec. Banjarwangi  Kabipaten Garut.

“Jadi telah terjadi longsor tebing jalan dan menutupi sebagian bahu jalan sepanjang 5 meter yang mengakibatkan jalan terhalang lumpur  karena terbawa longsoran di Wangunjaya,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (08/04/2020).


Terang dia, kejadian longsor ini diakibatkan karena hujan deras, sehingga tebingnya tergerus air yang menyebabkan tanah longsoran yang mengakibatkan menutup bahu jalan.

"Setelah kami menerima laporan telah terjadi longsor, maka kami bersama anggota jaga, Kepala Desa Wangunjaya dan PUPR Kabupaten Garut tiba di lokasi di bantu masyarakat membersihkan longsoran yang di jalan sehingga arus jalan terhenti dari dua arah, tidak ada korban jiwa akibat longsor tersebut," terangnya.

Dia menambahkan, Anggota Polsek Banjarwangi Polres Garut sudah koordinasi dengan pihak terkait untuk penanganan pasca kejadian longsor tersebut.


“Dengan adanya kejadian ini anggota Polsek Banjarwangi dan bhabinkamtibmas dibantu kepala desa wangunjaya mengimbau kepada masyarakat agar waspada dengan musim penghujan dan menjaga hal yang tidak diinginkan,” pungkasnya. 

Kejadian longsor tersebut kapolsek dibantu warga dan PUPR menurunkan kendaraan berat hingga pukul 18.00 lumpur yang menutupi jalan dapat di atasi dan jalan dapat berjalan dengan normal. (Djie)