Program Sembako di Samarang, Sangat Membantu Ringankan KPM

Advertisement Adsense

Program Sembako di Samarang, Sangat Membantu Ringankan KPM

Wak Puji
Rabu, 15 April 2020



60menit.com, Garut - Penyaluran program sembako untuk bulan April 2020, di Desa Samarang, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, sudah sesuai dengan Pedoman Umum (Pedum). Yang mana dalam penyaluran senilai Rp 200 ribu di belanjakan oleh setiap KPM pada kebutuhan pokok seperti beras, telur, daging ayam serta buah jeruk. Adapun komposisinya untuk beras premium seberat 9 Kg, daging ayam 1 Kg, jeruk 1 Kg dan buah jeruk 1 Kg. Untuk beras harganya sesuai dengan HET dan jenis beras premuim.

"Penyaluran tidak mengalami hambatan, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menerima sesuai dengan dana yang diberikan," ujar Agus Efendi, Agen BNI yang melakukan penyaluran, Rabu (15/4/2020).

Dikatakan Agus, dalam proses penyaluran program sembako, dirinya sebagai agen yang ditunjuk oleh Bank BNI, menyalurkan secara berkeliling dangan menyalurkan melalui ketua kelompok KMP. Adapun setiap kelompok memberikan sebagian bantuannya pada keluarga yang tidak menjadi penerima program pemerintah.

"Ada KPM yang secara ikhlas memberikan bantuan sebagian barangnya, misalnya seperti beras dan telur," ucapnya.

Selama ini, menurut Agus, KPM sangat puas dengan kualitas barang yang dipesannya, melalui Agen. Bahkan dalam setiap penyaluran sebelum melakukan pemesanan komoditi barang ketua ketua kelompok bermusyawarah terlebih dahulu untuk menentukan jenisnya.

"KPM selalu bermusyawarah dalam menentukan jenis barang yang akan di pesannya," ucapnya.

Salah satu penerima yang meminta identitasnya tidak di publikasikan, mengatakan, bantuan program sembako yang diberikan pemerintah pusat selama ini sangat membantu. Yang mana dalam kondisi sekarang ini, masyarakat sangat diuntungkan.

"Kami juga berbagai dengan masyarakat yang tidak menerima bantuan, dengan memberikan secara ikhlas sebagian barang," ucapnya.(Djie)