Ini Perwira Bintang Tiga di Tubuh Polri Setelah Rotasi Terbaru

Advertisement Adsense

Bupati Garut

Bupati Garut

Kadispora Kab. Garut

Kadispora Kab. Garut

Kadis Pertanian Garut

Kadis Pertanian Garut

Ini Perwira Bintang Tiga di Tubuh Polri Setelah Rotasi Terbaru

Wak Puji
Minggu, 03 Mei 2020

Anggota Polri melintas di depan Mabes Polri yang dipenuhi puluhan karangan bunga di Jalan Trunojoyo, Jakarta, 3 Mei 2017. Karangan bunga yang dikirim oleh berbagai pihak dan elemen masyarakat itu sebagai wujud dukungan kepada TNI dan Polri dalam memberantas radikalisme dan premanisme serta menjaga kedaulatan NKRI. ANTARA FOTO


60menit.com, Jakarta - Kepala Kepolisian RI atau Kapolri Jenderal Idham Azis merotasi 569 perwira tinggi dan menengah pada 1 Mei 2020. Beberapa perwira bintang tiga di tubuh Polri seperti Komisaris Jenderal Boy Rafli Amar pun menempati posisi baru.

Dilansir dari nasional.tempo.co Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S. Pane, menduga rotasi ini tak lepas dari mencari pengganti Kepala Polri Jenderal Idham Azis. Pada Januari 2021, Jenderal bintang empat ini akan berusia 58 tahun sehingga masuk masa pensiun.

Berikut para jenderal bintang tiga di tubuh polri :

1. Komisaris Jenderal Heru Winarko 
Akpol angkatan 1985 ini merupakan mantan Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kepala Badan Nasional Narkotika (BNN) ini akan memasuki masa pensiun pada Desember 2020.

2. Komisaris Jenderal Moechgiyarto
Analisis Kebijakan Utama Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri ini merupakan akpol angkatan 1986. Moechgiyarto juga akan pensiun di tahun ini setelah usianya genap 58 tahun pada 25 Mei 2020.

3.  Komisaris Jenderal Arief Sulistyanto:
Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri ini merupakan Akpol angkatan 1987. Arief pernah pernah menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri. 

Arief juga pernah menduduki pos-pos seperti Direktur Tindak Pidana Khusus Badan Reserse Kriminal Polri dan Staf Ahli Bidang Manajemen Polri. Ia akan memasuki masa pensiun pada awal 2023.

4. Komisaris Jenderal Agung Budi Maryato
Agung Budi merupakan salah satu jenderal bintang empat yang akan menempati posisi baru. Lulusan Akpol 1987 ini akan menggantikan Moechgiyarto yang dimutasi menjadi Analisis Kebijakan Utama Kabaharkam Polri.

Sebelumnya, Agung Budi merupakan Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri. Ia juga pernah menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat. Ia akan pensiun bersama Arief pada 2023.

5. Komisaris Jenderal Dharma Pongrekun
Akpol angkatan 1988 ini merupakan Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Ia pernah mengikuti seleksi calon Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

Dalam karirnya, Dharma pernah bertugas di bidang penindakan nakorba dan reserse kriminal umum. Ia juga tercatat sebagai staf pengajar utama di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) Lembaga Pendidikan Polri. Dharma akan pensiun pada 2024 mendatang saat usianya 58 tahun pada 12 Januari.

6. Komisaris Jenderal Gatot Eddy Pramono
Wakil Kepala Kepolisian RI ini merupakan Perwira tinggi lulusan Akademi Kepolisian angkatan 1988B. Ia pernah menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya. Ia akan pensiun pada 2023 mendatang, tepatnya saat berusia 58 tahun pada 28 Juni.

7. Komisaris Jenderal Rycko Amelza Dahniel
Lulusan Akpol 1988B ini merupakan Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri. Ia pernah menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur. Rycko akan memasuki masa pensiun pada 2024. Ryco merupakan mantan ajudan Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono.

8. Komisaris Jenderal Boy Rafli Amar
Dalam rotasi teranyar, lulusan Akpol 1988 B ini akan menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Sebelumnya, ia menduduki posisi Wakil Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri. Ia akan pensiun pada 2023.

9. Komisaris Jenderal Bambang Sunarwibowo
Sekretaris Utama Badan Intelijen Negara (BIN) ini merupakan Mantan Deputi IV BIN Bidang Ekonomi Intelijen. Ia bakal pensiun pada 24 Mei 2024 ketika usianya 58 tahun.

10. Komisaris Jenderal Agus Andrianto
Mantan Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara ini akan pensiun pada 2025. Ia diketahui pernah menangani kasus penistaan agama yang melibatkan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok saat menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri pada 2016. Ia saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri.

11. Komisaris Jenderal Firli Bahuri
Firli merupakan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi. Eks Kepala Badan Pemelihara Keamanan ini mendapat banyak penolakan saat tengah mengikuti seleksi calon Ketua KPK. Firli akan pensiun pada 2021 tepat pada 8 November saat usianya 58 tahun.

12. Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Kepala Badan Reserse Kriminal Polri ini merupakan mantan Ajudan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Perwira lulusan Akademi Kepolisian 1991 ini akan pensiun pada 2028.***