Polres Garut Gelar Apel Gabungan Guna Pengamanan Malam Takbiran

Advertisement Adsense

Bupati Garut

Bupati Garut

Kadispora Kab. Garut

Kadispora Kab. Garut

Kadis Pertanian Garut

Kadis Pertanian Garut

Polres Garut Gelar Apel Gabungan Guna Pengamanan Malam Takbiran

Wak Puji
Sabtu, 23 Mei 2020


60menit.com, Garut - Pores Garut Polda Jabar mengadakan Apel Gabungan persiapan pengamanan menjelang malam takbiran di Kabipaten Garut, di Lapangan Apel Mapolres Garut Jl. Jenderal Sudirman No 204 Garut. Bertindak selaku Pimpinan Apel Kapolres Garut *AKBP Dede Yudy Ferdiansah, S.I.K. M.I.K.* didampingi oleh Dandim 0611 Garut, Ketua DPRD Kab. Garut, Kajari Garut, Ketua MUI Kab. Garut dan Kadishub Kab. Garut, Sabtu (23/05/2020)

Suasana hari Raya Idul Fitri 1441 H kali ini berbeda sekali dengan suasana hari raya idul fitri tahun lalu yang penuh suasana silaturahmi dimana mana, mobilisasi orang, barang dan angkutan sangat bervariasi, namun suasana hari raya idul fitri kali ini penuh dengan kekhawatiran, ditengah merebaknya wabah virus pandemi covid-19, yang sampai saat ini masih mewabah dengan prosentase jumlah kematian cukup besar akibat terinfeksi virus ini.


"Upaya-upaya pemerintah untuk mengurangi merebaknya pandemi covid-19 sudah banyak dilaksanakan dengan berbagai cara pencegahannya sesuai protokol kesehatan yang dikeluarkan oleh pemerintah republik indonesia khusus kementrian kesehatan republik indonesia, dari penggunaan masker, jaga jarak, membiasakan diri mencuci tangan dengan menggunakan sabun (setelah dari luar rumah), penyemprotan serentak, bahkan upaya  masal yang  dilakukan dengan pelarangan mudik dan upaya lainnya seperti pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (psbb)," ucap kapolres.

Turut hadir Forkopimda Kab. Garut, Waka Polres Garut Kompol Abdul Kholik, S.I.K, M.Si, PJU Polres Garut, Kepala SKPD Lingkungan Pemda Garut serta diikuti oleh Personil Gabungan berjumlah 150 orang terdiri dari Pers Polres Garut, Kodim 0611 Garut, Denpom II/Slw, Sat Pol PP, Dishub, Damkar, BPBD Kab. Garut.

Pembatasan sosial berskala besar di kabupaten garut ini sudah dilakukan selama 14 hari mulai tanggal 6 s/d 19 mei 2020, ternyata bukti tindakan petugas gabungan PSBB Kabupaten garut telah memberikan tindakan terhadap pelanggar psbb periode tersebut.

"Sebanyak 92.371 pelanggaran, banyaknya pelanggaran sebanyak tersebut merupakan keseriusan petugas gabungan dilapangan, namun di sisi lain dengan banyaknya pelanggaran yang terjadi, menandakan belum adanya kesadaran masyarakat untuk mencegah penyebaran covid-19 di kabupaten garut, sebagai akibat dengan tidak mematuhi protokol kesehatan yang di anjurkan pemerintah," tambah Kapolres Garut.


Apel kesiapan pengaman  yang diselenggarakan polres garut, dimaksudkan untuk menunjukkan kesiap siagaan seluruh unsur terkait  dalam rangka mengamankan seluruh kegiatan masyarakat khsusnya pada kegiatan malam takbiran idul fitri 1441 h, seperti kegiatan takbir keliling, penggunaan mercon / petasan, atau kegiatan sosial lain yang menyebabkan berkumpulnya massa, baik ditempat umum maupun dilingkungan sendiri.

"Oleh karena itu melalui apel ini, dengan sinergitas yang harmonis antara tni, polri dan pemda juga instansi lainnya serta didukung dengan komponen masyarakat, kita dapat menyatukan langkah dan persepsi guna mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif, dalam rangka kesiapan pengamanan malam takbiran hari raya idul fitri 1441 h. walaupun ditengah mewabahnya virus corona, kita tetap siaga dan waspada untuk menjaga keselamatan semua terhadap segala kemungkinan dan ancaman yang terjadi," pungkas Kapolres. (Djie)