Road Show Ekonomi Rakyat, PKB Jabar Kunjungi Peternak Domba Pesantren dan Waids Farm Sumedang
-->

Advertisement Adsense

Road Show Ekonomi Rakyat, PKB Jabar Kunjungi Peternak Domba Pesantren dan Waids Farm Sumedang

Wak Puji
Minggu, 31 Mei 2020


60menit.com, Garut - Dalam memperkuat basis pergerakan ekonomi rakyat, Dewan Pengurus Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Barat, Minggu (31/5/2020), gelar road show ke sentral ekonomi rakyat di Kabupaten Garut dan Kab.Sumedang.

Dalam kunjungannya di Kab. Garut Ketua DPW PKB Jawa Barat, Syaiful Huda di dampingi Wakil Ketua DPRD Jawa Barat H.Oleh-Soleh dan Ketua Komisi II DPRD Jabar Rahmat Hidayat Djati meninjau peternakan domba kluster di Ponpes Nurul Hidayah Kampung Cibulakan, Desa Cinta Kec.Karang Tengah dimana ternak domba pedaging tersebut akan di kembangkan di seluruh Jawa Barat.

"Kami bersama pengurus DPW, menggelar road show ke sentra ekonomi rakyat. Salah satunya ke peternak domba pesantren (Domtren) yang berada di Kecamatan Karangtengah, Garut," ujar Ketua Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat, Rahmat Hidayat Djati, pada wartawan.

Dikatakan Rahmat, road show yang digelar DPW PKB, ke sentra ekonomi rakyat, merupakan salah satu kegiatan dalam penguatan ekonomi masyarakat. Yang mana nantinya akan menjadi salah satu penyokong swasembada pangan baik Provisni Jawa Barat dan tingkat nasional.

"Peternak domba pesantren akan menjadi salah satu sample dalam penguatan ekonomi masyarakat," ucapnya.

Semenetara menurut Rahmat, di Kabupaten Sumedang, mengunjungi Waida Farm yang berlokasi di Kecamatan Pamulihan. Yang mena melihat sentra pertanian.

"Waida Farm inu rencananya pengembangan usaha pertanian masyarakat sekitar pesantren-pesanteren di Jawa Barat," katnya.

Hasil kunjungan ini, kata Rahmat, akan segera ditindaklanjuti dengan pengembangan sumberdaya dan sarana prasarana usaha agro, didalam nya tentu ada pemilahan bibit unggul atau plasma nutfah berbagai komoditas pertanian agar hasil - hasil bumi masyarakat petani. 

"Jawa Barat bisa menjadi penyokong untuk swasembada dan atau ketahanan pangan nasional," akunya.

Dalam kunjungan Ketua DPW PKB Jabar di Kabupaten Sumedang juga dihadiri oleh Kadis Pertanian Sumedang , Kadis Pendidikan Sumedang , Ketua PCNU Sumedang, Bah Tatang pengelola Waida Farm, Bah Suhe dari ikatan saudagar santri Indonesia jawabarat .

Didalam perbincangan ini juga di cetuskan oleh para inohong Sumedang bahwa Kabupaten Sumedang akan bertekad sebagai daerah mandiri benih bahan pangan tingkat nasional. (*)