Pantai Selatan Jawa Termasuk Garut Target Sentra Budidaya Udang
-->

Advertisement Adsense

Pantai Selatan Jawa Termasuk Garut Target Sentra Budidaya Udang

Wak Puji
Sabtu, 20 Juni 2020


60menit.com, Garut - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhi Prabowo, mengatakan bahwa pantai selatan Pulau Jawa, termasuk pantai Garut, mampu menghasilkan udang dengan skala yang besar. Oleh karenanya, ia menargetkan dalam lima tahun ini, pantai selatan Pulau Jawa, akan menjadi sentra budidaya udang di Indonesia.

“Kedepannya, seluruh pantai selatan Jawa akan jadi basis sentra budidaya udang,” jelas dia saat meninjau panen raya udang di Tambak Udang PT Dewi Laut Aquaculture, di Jalan Raya Lintas Selatan, Desa Cigadog, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Jum’at (19/06/2020).

Edi yang didampingi Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman, menuturkan, pantai selatan Pulau Jawa memiliki potensi yang sangat besar untuk pengembangan budidaya udang. Salah satu alasannya adalah kondisi airnya yang bagus serta ketersediaan lahan yang cukup luas.

“Kawasannya masih banyak dari Jawa Barat, Jateng sampai Jatim, itu masih potensi. Saya nggak akan berfikir muluk-muluk yang ada dulu yang di depan mata ini juga sudah luar biasa,” katanya.

Edi menargetkan, dalam lima tahun ke depan, ada 100 ribu lahan tambak baru yang intensif tercipta di pantai selatan Pulau Jawa. Jika itu terjadi, maka menurutnya tingkat produksi udang Indonesia bisa mencapai 4 juta ton per tahun.

Sementara, soal permodalan kedepannya didorong payung hukum dari OJK dan Bank Indonesia sebagai upaya peningkatan peran serta swasta dalam pengembangan lahan tambak.

“Soal anggaran bisa sambil jalan, itu nggak sulit. sisanya tinggal Perbankan kedepannya payung hukum dari OJK dan BI, APBN siap tapi belu m cukup, peran swasta akan ditingkatkan terus,” paparnya.