Program pemutusan mata rantai covid-19 ODTW Bagendit dan Pasar Malangbong adakan test Swab
-->

Advertisement Adsense

Program pemutusan mata rantai covid-19 ODTW Bagendit dan Pasar Malangbong adakan test Swab

Wak Puji
Kamis, 03 September 2020


Satgas Covid-19 adakan test Swab di ODTW Situ Bageundit (photo : Istimewa)

60menit.com, Garut - Tempat wisata Situ Bagendit, Kabupaten Garut, Jawa Barat, serta sejumlah tempat keramaian secara serentak melakukan Swab Test pada pengunjung dan warga setempat. Hal ini dilakukan guna mencegah adanya yang terpapar Covid-19, sekaligus menjalankan intrusksi Bupati Garut.

Swab Test sendiri dilakukan oleh petugas kesehatan, seperti yang dilakukan di tempat wisata Bagendit, petugas kesehatan Puskesmas sejak pagi sudah melakukan Swab Test.

Kasubag Pariwisata Situ Bagendit, membenarkan adanya kegiatan Swab Test yang dilakukan pada pengunjung dan warga setempat.

"Ini langkah untuk mengetahui adanya sebaran Covid-19, terutama di kawasan wisata," ujarnya, Kamis (3/9/2020).

Dikatakan Dedi, setelah dilakukan Swab Test hasilnya negatif, nantinya jumlah para pengunjung akan bertambah serta tidak akan ada ketakutan akan terpapar Covid-19.

“Kami sangat senang adanya program Swab Test  khusus untuk warga area wisata ini, kami merasa tenang tidak was-was apa yang akan diterima dari hasil Swab Test  nanti,” ungkapnya.

Sementara Ikin Saputra, Kompepar Situ Bagendit, selaligus pelaku usaha, menuturkan, Swab Test yang dilakukan pihak pemerintah, merupakan langkah antisipasi dalam memutus mata rantai Covid-19.

Satgas Covid-19 sedang lakukan test Swab di Pasar tradisional Malangbong Garut (photo: Istimewa)
"Sekarang kondisi masih Pamdemi Covid-19, warga dan pengunjung memiliki ketakutan dalam melakukan kegiatan di tempat wisata," katanya.

Selama Pandemi Covid-19, para pelaku usaha yang berada di Situ Bagendit mengalami penurunan penghasilannya. Hal ini terpengaruh dengan rasa ketakutan pengunjung.

“Mengingat masa pandemi ini sangat meresahkan seluruh masyarakat hingga berpengaruh  kepada pengunjung Wisata, penghasilan dari para pelaku usaha semuanya mengaku drastis penurunan pendapatan, ekonomi kami pun menjadi sulit,” tutur Ikin Saputra.

Ikin berharap, dengan adanya Swab Test  ini hasil lab menyatakan Negatif, dan pengunjung kembali normal berwisata ke Situ Bagendit.

Sementara ditempat terpisah seperti di pasar tradisional Kecamatan Malangbong, petugas kesehatan melakukan Swab Test pada pengunjung pasar dan para pedagang.

Adapun petugas menargetkan dalam melakukan Swab Test sebanyak 200 orang. 

"Secara bergiliran para pedagang dan pengunjung melakukan Swab Test," ujar Camat Malangbong, HRM Aliyudin.

Dikatakan Aliyudin, Swab Test di tempat keramaian merupakan target dalam mengecek kesehatan para pedagang dan pengunjung.

"Ada beberapa lokasi pasar lagi yang akan dilakukan Swab Test ini, kita akan bergiliran dalam pelaksanaannya," pungkasnya.