Ketua PBI Jabar, Kukuhkan Asep Rohman Jadi Ketua Kota Bandung
-->

Advertisement Adsense

Ketua PBI Jabar, Kukuhkan Asep Rohman Jadi Ketua Kota Bandung

60 MENIT
Sabtu, 21 November 2020

60menit.co.id | Asep Rohman (Selendang Kuning) ketika acara pelantikan Perkumpulan Benjang Indonesia (PBI) sebagai Ketua PBI Kota Bandung, Sabtu (21/11/2020).

60MENIT.co.id, Bandung | Perkumpulan Benjang Indonesia (PBI) Jawa Barat, yang di ketuai oleh Asep Sukmana, hari ini menggelar silaturahmi dan pelantikan Ketua Kota Bandung, dengan tema "Sawala Benjang Makalangan" bertempat di Kampung Wisata Gumbira Cilengkrang, Sabtu (21/11/2020).


Sekikas tentang Seni Benjang, adalah salah satu seni beladiri semacam penca silat, hal ini terlihat dari jurus dan gerakannya.


Giat silaturahmi dan pelantikan ini diapresiasi oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, diwakili oleh Sekdis Budpar (Tantan Syurya Santana, S.Sos., M.Si.,) diikuti Kabid Produk Budaya dan Seni (Nuzrul Irwan Irawan, S.E., M.Si) beserta jajarannya.


Pada sambutannya, Tantan Santana mengungkapkan, seni benjang perlu adanya pelestarian, karena ini merupakan warisan leluhur orang sunda supaya tidak musnah begitu saja. 


"Disbudpar Kota Bandung selalu mengapresiasi Warisan Budaya, hak kekayaan budaya sebagai warisan murni dari leluhur orang sunda, yang ada di kota Bandung sehingga tidak mungkin di klaim oleh negara lain," jelas Tantan. 


Atraksi seni benjang dari PBI Kota Bandung. 

Upaya pelestarian seni benjang, Disbudpar Kota Bandung telah berupaya mengajukan penetapan pengakuan ke Pemerintah Pusat, "Dengan harapan benjang bisa diakui oleh UNISCO sebagai kekayaan budaya Kota Bandung," imbuh Tantan. 


Ketua PBI Jabar (Asep Sukmana) mengatakan, "Pasca Pandemi Covid 19, layaknya Tahun 2021 depan, saya percayakan bahwa Seni Benjang harus berkembang pesat, khusus di Kota Bandung oleh ketua yang baru," harapnya. 



Harapan Asep Sukmana ini tidak bisa dipungkiri, karena di Kota Bandung PBI dipimpin oleh anak muda yang mumpuni, yaitu Aseo Rohman.


Ketua PBI Kota Bandung adalah seorang pemuda asli dari tatar sunda, inspiratif pemajuan seni benjang sangat jelas karena ia seorang sosok pecinta budaya dan seni sunda, terutama seni benjang.


Seni benjang Kota Bandung, sangat terkenal pelestariannya di wilayah Ujubgberung, sehingga sangat jelas jika ketua PBI Jabar memilih Asep Rohman untuk memegang tambuk pimpinan di Kota Bandung. 


(zho)