Upaya Selamatkan Sungai, Satgas Sektor 22 Sub 03 Angkat Sedimentasi Sungai Citepus
-->

Advertisement Adsense

Upaya Selamatkan Sungai, Satgas Sektor 22 Sub 03 Angkat Sedimentasi Sungai Citepus

60 MENIT
Senin, 18 Januari 2021

60menit.co.id | Upaya Selamatkan Sungai, Satgas Sektor 22 Sub 03 Angkat Sedimentasi Sungai Citepus.


60MENIT.co.id, Bandung | Masalah sedimentasi sebagai penyebab penyempitan sungai, Satgas sektor 22 sub 03 dipimpin oleh Serma Hendra Dili membersihkannya di Sungai Citepus RW 01 Kelurahan Pamoyanan Cicendo, Senin (18/01/2021).


Tata kelola sungai tersendat oleh tumpukan sedimentasi merupakan salah satu penyebab banjir. Masalah yang umum ini marak di tiap sungai. 


Terkait hal diatas Satgas Citarum Harum sektor 22 setiap hari memerangi ancaman kerusakan sungai selain pada pelarangan buang limbah secara langsung. 


Seperti yang dilakukan satgas sub 03, hari ini melakukan pembersihan sedimentasi di Sungai Citepus wilayah Rw. 01 Pamoyanan Cicendo. 


Dikatakan Hendra Dili, "Saat ini kami melaksanakan kegiatan pembersihan dan pengangkatan sedimentasi sepanjang 150 meter Sungai Citepus sampah terangkat 250 kg," katanya. 


Menurut pantauan media bahwa setiap sungai sangat terpengaruh oleh sedimentasi, bahkan pemerintah sudah paham ini salahsatu faktor utama penyeb bencana banjir.


Seperti yang diutarakan Dansektor 22 (Kol. Inf. Eppy Gustiawan, S.I.P.,) tindakannya selama ini merupakan mitigasi, karena pembersihan sungai sebagai upaya kelancaran tata kelola sungai yang benar. 


Pembenarannya hanya pemerintah harus menunjukan keseriusanya pada pembenahan di setiap sungai yang mengerucut pada program penyelamatan sanitasi saluran supaya alur sungai bebas tanpa hambatan.


Upaya lain satgas melaksanakan patroli sungai, yaitu pengecekan limbah dan memantau kebisaan masyarakat yang berprilaku buruk. 


"Giat diatas dibarengi melaksanakan komsos kepada warga agar tidak buang sampah sembarangan dan mensosialisasikan program citarum harum bersama Pa Ujang dan Pa Nanang," ujar Hendra. 


(zho).