Upaya Hindari Banjir, Satgas Sektor 22 Sub 09 Bersihkan Gulma Sungai Cipamokolan
-->

Advertisement Adsense

Upaya Hindari Banjir, Satgas Sektor 22 Sub 09 Bersihkan Gulma Sungai Cipamokolan

60 MENIT
Kamis, 18 Februari 2021

60menit.co.id | Satgas Sektor 22 Sub 09 Bersihkan Gulma Sungai Cipamokolan, Kamis (18/02/2021).

60MENIT.co.id, Bandung | Satgas Citarum Harum sektor sub 09 melanjutkan giat pembersihan rumput liar di Sungai Cipamokolan  wilayah Rw 09 Kelurahan Darwati Kecamatan Rancasari, Kota Bandung, Kamis (18/02/2021)


Hamparan rumput liar yang menutupi sedimentasi hingga terlihat layaknya padang rumput yang tidak terurus, menghabisi area aliran sungai hanya menyisakan 1 meter.


Pada kesempatan ini Peltu Ihwan (Dansub 09-22) menyampaikan rasa prihatinnya terhadap tata kelola Sungai Cipamokolan, terlihat jelas memerlukan perhatian khusus dalam pemeliharaannya. 


"Biasanya hal seperti inilah yang menyebabkan banjir, dengan gerak pasukan kami maka sepanjang 100 m dengan hasil sampah rumput liar (-+) 950 kg, mudah mudahan ini sebagai formula perhatian warga," ucap Ihwan. 


Perlu tindakan serius untuk mengatasi permaslahan seperti ini, utamanya kejelian pada pengawasan sungai, sehingga hal sekecil apapun jika penyebab bencana banjir harus segera disikapi. 



Hadirnya satgas Citarum Harum, bersamaan dengan manunggalnya TNI sebagi tulang punggung rakyat, sehingga kejelian mulai dipertaruhkan. Namun hal ini tidak bisa jalan sendiri maka kebersamaan dengan aparat yang bisa menentukan kebijakan sangat diharapakan.


"Alhamdulillah kami setiap karya bakti selalu diseratai gober kewilayahan, sebagai utusan dari lelurahan setempat yang bisa mewakili aparatnya, bahkan disertai oleh staf atau pejabat di kelurahan yang suka ikut berjibaku di lapangan," imbuh ihwan. 


Untuk memastikan keseriusan tugas dari satgas Citarum Harum, Peltu Ihwan bersama anggota melakukan Patroli Sungai Cipamokolan di wilayah Rw 01 kelurahan Darwati.



Dengan patroli sungai, satgas bisa membaca paradigma masyarakat. Satgas pun terus berupaya pada edukasi dialogis melalu komsos.


Seperti yang dilakukan satgas Sub 09 di wilayah Rw 09 kelurahan Darwati Kecamatan Rancasari.


"Kami menyambangi beberapa tokoh masyarakat, diantaranya Ibu Patma, Bp Obar dan Bp Tedi, dengan harapan mereka bisa menyampaikan pula keda warga lainnya, supaya bisa mengelola sampah dengan benar," tutup Ihwan. 


(zho)