SMPN 3 Batanghari Adakan Kegiatan Sosialisasi AKM
-->

Advertisement Adsense

SMPN 3 Batanghari Adakan Kegiatan Sosialisasi AKM

60 MENIT
Senin, 15 Maret 2021

60menit.com | Sosialisasi AKM dari SMPN 3 Batanghari.

60MENIT.co.id, Batanghari | SMPN 3 Batanghari Kabupaten Lampung timur mengadakan kegiatan Sosialisasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), berdasarkan peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan No. 43 tahun 2019 tentang penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) yang diganti dengan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) tahun 2020.


Berkenaan dengan hal tersebut diatas SMPN 3 Batanghari sebagai induk pelaksanaan AKM yang memiliki sekolah imbas sekolah dasar negeri / swasta terdekat, yang dilaksanakan digedung SMPN 3 Batanghari Sabtu, (13/03/2020).


Hadir dalam acara Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Hi Suroso selaku Pengawas dan Pembina SMPN Batanghari, Edy S Ketua K3S kecamatan Batanghari, kepala sekolah dasar (SD) Banjarrejo, Bumiharjo dan Margorejo dan para peserta AKM.


Ahmad Saidi, S.Pd., M.M., kepala sekolah SMPN 3 Batanghari kabupaten lampung timur dalam acara tersebut mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak dan ibu yang telah hadir disini, ini sebagai momen terbaik dalam meningkatkan kerjasama antara bapak dan ibu dengan SMPN 3 Batanghari.


Bapak dan ibu perlu saya sampaikan pada bulan Desember tahun 2020, SMPN 3 Batanghari ini mendapat bantuan 15 unit komputer dan 22 unit komputer.


Dimana dengan bantuan itu SMPN 3 Batanghari, ditunjuk langsung oleh dinas sebagai induk sekolah dan mengharus kan memiliki sekolah imbas, sebanyak 5 sekolah SD, namun hari ini saya undang 10 kepala sekolah SD.


Hal ini tidak menjadi masalah agar kita tahu dan paham bersama bahwa mana kala nanti diantara 5 sekolah ini  sudah mempunyai maka bisa digeser ke sekolah yang lain, bapak dan ibu kami dari SMPN 3 ini sebagai sekolah induk sedangkan SD juga sebagai sekolah Imbas.


Yang artinya kami SMPN 3 Batanghari, telah mempersiapkan segala sesuatu berhubungan dengan Asesmen Kompetensi Minimum yang mana di bulan September nanti kita akan simulasi pelaksanaan AKM baik di tingkat SD dan SMP nya.


Dalam hal ini kami telah menyiapkan 2 ruangan khusus yang sudah kami desain kemudian dengan Pasilitas komputer yang ada oleh karena itu saya sampaikan kepada bapak dan ibu bahwa yang pertama SMPN 3 Batanghari sebagai sekolah induk kami mempasilitasi semua kebutuhan yang menyangkut ITE, jadi tempat, ruangan kemudian Pasilitas komputer, Internet, Listrik semua nya kami Pasilitasi. ungkapnya.


Lanjutnya lagi Saidi  mengatakan, dikala nanti punya kesempatan nanti ingin mengadakan Simulasi buat anak anak SD nya yang tidak sempat di kelas 4 dan 5 Asesmennya, silahkan menghubungi pihak operator disekolah kami.


Nanti kami jadwalkan, kami persiapkan tempat Simulasi, bapak dan ibu kerjasama ini saya harap ada sinerginya antara sekolah SD dilingkungan kecamatan Batanghari ini khususnya sekolah yang berdekatan ini.


Diharapkan ada pendekatan silaturahmi dan kerjasamanya yang baik.



AKM ini nanti sebagai penataan kompetensi siswanya, sejauh mana kompetensi sekolah, yang selama ini kita lakukan dan kita bina selaku kepala sekolah dalam memberikan pelayanan, kompetensi anak, pendidikan karakter nya ini akan diuji di AKM ini.


AKM ini juga bukan yang menentukan ke lulusan dan sebagainya, di AKM itu diuji dikelas 5 apabila itu terdapat nilai dibawah standar minimum, maka masih ada kesempatan untuk memberikan perbaikan pendidikan untuk anak- anak itu dari jenjang  kelas 5 ke kelas 6 nya, sehingga diharapkan dimana kala menempuh ujian sekolah dan sebagainya, kelulusan diakan mendapat nilai yang terbaik, disamping kerjasama ini saya sebagai kepala sekolah SMPN 3 Batanghari mengharapkan kerjasama nya tindak lanjut yang lebih jauh.


Berdasarkan pengalaman 2 tahun ini bapak dan ibu perlu saya sampaikan adanya penurunan jumlah siswa yang masuk di SMPN 3 Batanghari, tentu hal ini yang pertama hambatan nya.


Karena adanya Zonasi, zonasi ini memberikan kebebasan kepada siswa untuk sekolah dimana dia masuk zonasi nya, oleh karena itu dalam kesempatan ini apa ysng dinamakan zonasi itu adalah zonasi yang ada di wilayah - wilayah kecamatan, kabupaten masing - masing, bukan berarti Lampung timur adalah zonasi Lampung timur, Batanghari adalah zonanya Batanghari, walaupun Batanghari ini Bumiharjo adalah masuk zonasi metro.


Tetapi seyogyanya metro itu tidak punya hak memasuki zonasi Lampung timur ini khusus nya tingkat SD dan SMP nya, kecuali kalau SMA karena SMA masuk provinsi, pada kesempatan yang baik ini saya mengajak Ayuk kita sama - sama mulai tahun ini kita bangun stegmen bersama untuk memajukan pendidikan dikabupaten Lampung timur dengan segala daya upaya kita sebatas kemampuan kita, perlu kita pahami bersama bapak dan ibu SMPN 3 Batanghari ini adalah SMP yang berada di perbatasan diujung Lampung timur, tetapi gerbang masuk kota metro.


Oleh karena itu persaingan secara akademik- akademik dunia kita bukan bersaing lagi dengan lampung timur, tetapi bersaing dengan kota metro, tetapi kalau aset kita Lampung timur khususnya Batanghari batangharjo ini dan sekitarnya ini masuk kota metro berarti pendidikan dibatanghari pada umumnya mengalami hambatan yang sangat luar biasa 3 tahun dan 4 tahun yang akan datang, oleh karena itu saya mohon dan minta kerjasamanya. 


Karena yang tahu persis kondisi dan situasi siswa maupun wali murid SD itu adalah bapak dan ibu selaku kepala sekolah SD, mari kita sama - sama memberikan wawasan, pengertian, kepada bapak dan ibu wali murid, pada anak- anak kita, bahwa pendidikan Dilampung timur sama saja dengan pendidikan dikota metro, karena metro sekarang ini, tidak ada sekolah yang terbaik. 


Dengan adanya Zonasi ini yang ada sekolah unggulan, Karena adanya Zonasi, tidak anak yang punya prestasi yang terbaik yang harus masuk disana, kalau dikatakan nilai anak,- anak rata-rata dibawah, nilai AKM bisa masuk di SMPN 3 dan SMPN 2 oleh karena itu artinya, untuk sekarang ini sekolah itu sama saja, baik yang berada Dilampung timur dan yang ada dikota metro, tidak bicara lagi kualitasnya tapi bicara masalah kuantitas, bicara masalah zona, manakala masuk zona anak itu harus sekolah disitu. 


Sedangkan 2 tahun lalu berdasarkan seleksi nilai hasil tes maka kualitas itu akan sendiri terbangun dan tercipta disekolah itu sendiri, tapi saat ini sama saja, jadi SMPN 3 Batanghari, dengan SMPN 4 dan SMPN 2 kota metro itu sama saja, anaknya sama saja walaupun ada diantara nya yang punya prestasi akademi lebih.


Program ini lanjutnya bukan terbatas jangka pendek tapi ini termasuk jangka panjang, karena Asesmen ini mungkin  akan diterapkan oleh pemerintah melalui menteri pendidikan untuk pemetaan kompetensi sekolah dan siswa ditahun yang akan datang oleh karena itu dengan adanya kerjasama.


T. entu saya berharap kepada bapak dan ibu didalam rangka PPDB 2021-2022 dibulan Juni nanti Ayo kira sama - sama ingin memajukan pendidikan dikabupaten Lampung timur kecamatan Batanghari pada khususnya SMPN 3 Batanghari. 


Sampaikan sama wali murid dan siswa, arahkan dan berikan pengertian  bahwa SMPN 3 Batanghari sama statusnya dengan SMP - SMP yang lain, segala Pasilitas kita sudah terpenuhi,ruang komputer, ruang bahasa, ruang Lab IPA, ruang UKS, ruang OSIS, ruang Pramuka kemudian dilengkapi dengan ruang komputer 2 unit gedung.


Oleh karena itu tidak ada yang membedakan sebetulnya, tapi mungkin imet orang tua yang  ingin anaknya sekolah dimetro tapi tolong sampai kan sama wali murid dan siswa bahwa sekolah itu sama saja, baik dikota metro maupun Di SMPN 3 Batanghari, karena sekarang ini tidak masuk sekolah berdasarkan seleksi tapi berdasarkan zona.


Nilai rata KKM aja tidak bisa dia masuk ke SMPN 4 dan SMPN 2 kota metro, saya berharap untuk tahun 2021 Karena SMPN 3 ini adalah cikal bakal nya SMPN yang berada di perbatasan, kalau kita tidak sama - sama saling mendukung dan saling kerjasama saya khawatir nanti tinggal cerita, karena anak SD kita ini cukup banyak dengan data ini hampir 400 an lebih saya tetap optimis bahwa tahun tahun yang akan datang adanya kerjasama ini, SMPN 3 ini akan menjadi idola kembali dengan sesuai visi misi sekolah Idaman masyarakat Banjarejo, Bumiharjo Margorejo dan sekitarnya sekecamatan Batanghari pungkasnya. 


(Tarmizi).