Fase Iklim Cocok Tanam, Satgas Sektor 22 Sub 15 Intensifkan Pemeliharaan Bibit
-->

Advertisement Adsense

Fase Iklim Cocok Tanam, Satgas Sektor 22 Sub 15 Intensifkan Pemeliharaan Bibit

60 MENIT
Minggu, 04 April 2021

60menit.co.id | Satgas Sektor 22 Sub 15 sedang melakukan pemeliharaan tanaman, Minggu (4/04/2021)


60MENIT.co.id, KBU Cimenyan | Subsektor 15 (pembibitan) Sektor 22 intensifkan pemeliharaan bibit pohon tanaman keras dan buah, sebagai persidiaan penghijauan di Kawasan Bandung Utara (KBU) dan sekitarnya, Minggu (4/04/2021).


Untuk pemeliharaan bibit tanaman keras, satgas sub 15 sektor 22 selalu memertimbangkan iklim yang akan disesuaikan dengan kebutuhan unsur hara bagi tanaman, bertujuan untuk daya tumbuh bibit sesuai dengan phsihologi tanaman masing masing.  


Dikatakan Serma Mikdan Arif Pramono selaku Dansub 15-22, bahwa kebutuhan unsur hara tanaman masing masing jenis hampir sama, namun perlunya perawatan yang oftimal. 


"Salahsatunya adalah penggemburan media tanam, ini akan berpengaruh pada kandungan unsur hara yang normal yaitu tekstur tanah seimbang dengan aerasi tanah, sehingga suplay unsur N dari sinar matahari akan lancar berubah menjadi kloropil tumbuhan yang sangat dibutuhkan," ujar Mikdan. 


Kesuburan tanaman, masih menurut Mikdan, masih bisa dibantu dengan dilakukannya pemupukan domestik, sebagai normalisasi yang bisa mengangkat adanya unsur hara di dalam tanah. 


Semua itu perlu adanya perawatan pohon, termasuk membasmi hama baik melalui insektisida maupun fungisida sebagai pengawalan daya kesuburan tanaman hingga usia panen. 


Pemeliharaan Tanaman Jagung. 


Hal ini Sektor 22 sub 15 dilakukan pula pada tanaman jagung merupakan jenis tanaman hortikultura dari family graminae, perawatannya berbeda dengan jenis tanaman keras.


"Pada tanaman jagung, sudah dipelajari bahwa jenis hortikuktura sangat membutuhkan unsur N lebih banyak, maka perlunya pemupukan jenis orea diawal tumbuh, saat ini sudah usia lebih dari satu bulan, tanaman jagung sangat butuh kandungan pukuk lebih ke unsur P dan K, maka pupuk NPK sudah mulai kami taburkan," imbuh Mikdan


Pembenahan tanaman oleh satgas sub 15, hari ini bersmaan dengan dilakukan pembersihan rumput liar sebagai gulma pada tanaman, yaitu mengganggu unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman.


(zho)