Pemeliharaan Kebersihan Drainase Cikapayang, Setgas Sektor 22 Sub 12 Utamakan Kelancaran Alirannya
-->

Advertisement Adsense

Pemeliharaan Kebersihan Drainase Cikapayang, Setgas Sektor 22 Sub 12 Utamakan Kelancaran Alirannya

60 MENIT
Jumat, 02 April 2021

60menit.co.id | Team Satgas Sub 12 sektor 22 pada pembersihan Drainase Cikapayang Kel. Tamansari Kecamatan Sumur Bandung, Jumat (2/04).

60MENIT.com, Bandung | Peltu Ade Sukmana (Dansub 12-22) membawa pasukannya untuk membersihkan Saluran (Drainase) Cikapayang di Rw. 03 Kelurahan Tamansari Kecamatan Sumur Bandung, Jumat (2/04/2021).


Drainase Cikapayang, sebagai saluran penghubung drainase pembuangan air dari koplek penduduk ke Sungai Cikapundung, merupakan penentu kondisi macak bagi penduduknya, jika tersendat bibir muara drainase maka jika hujan intensitas tinggi akan terjadi banjir di wilayahnya. 


Dikatakan Peltu Ade Sukmana, "Pembersihan sampah dan gulma drainase harus rutin, di wilayah ini harus tetap steril karena akan menjadi hambatan aliran air dari penduduk jika sampah dibiarkan ada," kata Ade. 



Pasukannya pada pembersihan sampah drainase aliran sungai cikapayang berhasil membersihkan sepanjang 200 meter diwilayah RW 03 Kelurahan Tamansari.


Namun demikian, masyarakat perlu imbauan yang benar tentang pemeliharaan drainase ini, terutama kebiasaan bebas membuang sampah harus di hentikan. 


"Untuk menegaskannya kami hari ini melaksanakan Komsos kepada warga terkait larangan tidak buang sampah sembarangan dan mensosialisasikan program Citarum Harum kepada Bapak Yandi, Bapak Qosim dan Ibu Sakinah, mereka sebagai orang yang berpengaruh di libgkungannya," imbuh Ade. 


Lebih lanjut, Peltu Ade mengatakan bahwa anggotanya melaksanakan patroli sungai di wilayah sub 12, sebagai pemantauan dan pengawasan di lingkungan kerjanya untuk menjaga kondusifitas wilayah sungai. 


(zho)