Pemeliharaan Sungai Cikapundung, Satgas Sektor 22 Sub 14 di Wilayah Kujangsari
-->

Advertisement Adsense

Pemeliharaan Sungai Cikapundung, Satgas Sektor 22 Sub 14 di Wilayah Kujangsari

60 MENIT
Senin, 05 April 2021

60menit.com | Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 14 membersihkan Sungai Cikapundung di Rw. 09 Kelurahan Kujangsari, Senin (5/04/2021).

60MENIT.co.id, Bandung | Dansub 14 sektor 22, Pelda Ujang Supriatna membawa pasukannya melaksanakan pembersihan kirmir  dan pengangkatan sampah di Sungai Cikapundung RW 09 Kelurahan Kujangsari, Senin (5/04/2021).


Pembersihan yang dilakukan oleh satgas Citarum Harum sektor 22 merupakan pemeliharaan sungai, yang biasa dilakukan oleh pemerintah dengan protap juknis yang baku dengan target yang sudah dibakukan. 


Hari ini Dansub 14 sektor 22 Citarum Harum membawa pasukannya pada pemeliharaan sungai yang dibantu pasukan gober yang mewakili pemerintah kewilyahan.


"Pada pembersihan hari ini sejauh 50 M dengan sampah sebanyak 100 kg. yang didominasi oleh rumput liar hasil pembersihan kirmir," kata Ujang. 


Pembersihan kirmir adalah salah satu yang harus dilakukan oleh tiap pemerintahan, sebagai pemeliharaan dan tata kelola sungai supaya wilayah selalu kondusif dan indah. 



Protap pada pemeliharaan sungai sudah baku di agendakan, selain memerbaiki juga merupakan pantauan pada kendala terjadinya bencana baik pada robohnya kirmir ataupun penanggulangan baha banjir di tiap pelosok kewilayahan.


Kewajiban ini terkreditas oleh satgas Citarum Harum, kinerjanya terlihat sangat bertanggung jawab pada keselamatan sungai, terutama pada pencemarannya. Pemeliharaan fisik sungai adalah tata kelola sungai dan ini adalah pertanggung jawaban sebagi antisipasi bahaya banjir dan longsor. 


Pemerintah Kota Bandung menyatakan kolaborasinya kepada satgas Citarum Harum Sektor 22 pada pengawalan dan pemantauan sungai khusus pada tingkat pencemaran dan kendalanya. 


Untuk memghindari hal yang tidak diinginkan satgas sektor 22 sub 14 melaksanakan patroli sungai. Sedangakan komunikasi sosial adalah edukasi terhadap masyarakat supaya bisa tumbuh rasa peduli terhadap kebersihan lingkungan dan sungai yang rutin dilakukan oleh satgas Citarum Harum.


(zho)