Edukasi Karakter Warga, Dansub 10 Sektor 22 Komsos Program Citarum Harum
-->

Advertisement Adsense

Edukasi Karakter Warga, Dansub 10 Sektor 22 Komsos Program Citarum Harum

60 MENIT
Minggu, 16 Mei 2021

60menit.co.id Satgas sektor 22 sub 10 melakukan komunikasi sosial, Minggu (16/05/2021).

60MENIT.co.id, Bandung | Upaya meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kebersihan sungai dan lingkungan, Dansubsektor 10 sektor 22 Citarum Harum (Serka Rudi Irawan) melakukan kominikasi soaial (komsos) terhadap masyarakat, Minggu (16/05/2021).


MenurutbRudi, upaya ini dilakukan dinilai masih rendahnya kesadaran masyarakat mengenai kebersihan lingkungan menjadi kendala tersendiri dalam mewujudkan program Citarum Harum. 


"Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mendukung dan mewujudkan program Citarum Harum yaitu mengubah kesadaran masyarakat melalui kegiatan Komsos secara Door to Door," ucap Rudi. 


Ini bertujuan untuk mengubah kebiasaan yang salah menjadi benar, yaitu masyarakat masih terbiasa menjadikan sungai adalah septic tank terpanjang. Maka dari itu perlu adanya pemahaman yang sama agar program ini tercapai," kata Rudi. 


Serka Rudi Irawan menambahkan, mayoritas masyarakat masih belum paham adanya masalah yang cukup rumit di DAS Citarum. Mereka masih nyaman dengan kebiasaan yang akan berakibat fatal bagi generasi ke depannya. 


Secara perlahan dan door to door Tim Satgas selalu menyampaikan untuk ber-PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). Metode ini yang sangat manjur agar lingkungan menjadi bersih, sehat dan asri.


"Alhamdulillah, selama 3 tahun berjalan masyarakat sudah mulai mengerti dan sadar, dan akan turut serta untuk bernah lingkungan," kata Rudi. 


Merekapun mengerti, kenapa adanya TNI di lingkungan atau sungai berarti akan ada penyakit besar untuk bangsa. Penyakit ini yang perlu dicegah dan diobati ke depannya agar tidak menular untuk anak dan cucu kita ke depannya.


(zho)