Pelda Nur Suhud, Satgas Sektor 22 Dansub 02 Geram Masih Adanya Sampah di Sungai
-->

Advertisement Adsense

Pelda Nur Suhud, Satgas Sektor 22 Dansub 02 Geram Masih Adanya Sampah di Sungai

60 MENIT
Sabtu, 22 Mei 2021

60menit.co.id Satgas sektor 22 sub 02 Citarum Harum, membersihkan Sungai
 Ciharalang di Rw 03 kel Sukapada Kec Cibeunying Kidul, Sabtu (22/05/2021).


60MENIT.co.id, Bandung | Subsektor 02 Satgas Sektor 22 Citarum Harum membersihkan Sungai Ciharalang di Rw 03 Kelurahan Sukapada Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung, Sabtu (22/05/2021).


Pada pemberaihan ini satgas berhasil mengangkat sampah sebanyak 200 kg dari sepanjang 250 M sungai yang dibersihkan. 


Aksi pembersihan dipimpin oleh Pelda Nur Suhud (Dansub 02-22) satgas Citarum Harum sektor 22 dibantu oleh Gober Kewilayahan setempat. 


Menurut Pelda Nur Suhud, kali ini Sungai Ciharalang termasuk kotor oleh sampah, yang didominasi oleh sampah rumahan (domestik) berupa kantong keresek, maka jika hujan lebat turun akan mudah mengakibatkan banjir. 


"Jika tidak dibersihkan, bisa berakibat banjir dadakan kalau hujan deras terjadi, " singkat Nur Suhud. 



Pelda Nur Suhud pun sangat menyayangkan atas kejadian ini, karena masyarakat penghuni Bantaran Sungai masih melakukan hal yang tidak terpuji sedangkan upaya melalui sosialisasi sering dilakikan. 


Artinya warga masih berani melakukan pelarangan terhadap program Citarum Harum yang sudah dienduskan satgas, baik melalui komunikasi sosial maupun tindakan edukasi lainya. 


Hal ini tidak membuat surut semangat bagi satgas. Mereka terus bergerak secara bertahap membereskan tiap permasalahan di lapangan yang berkaitan dengan urusan sungai. 


"Kami tetap fokus pada tugas, tegak lurus ke atas untuk mensukseskan program Citarum Harum, mungkin saja warga tersebut belum tau aturan tentang program Citarum Harum, semoga saja mereka makin faham dan apik pada prilaku sehari hari," ujar Nur Suhud. 



Pasca karya bakti pembersihan sungai Nur Suhud berbagi tugas dengan anggotanya, yaitu untuk melakukan Komunikasi Sosial dan patroli sungai. 


Tindakan ini merupakan giat yang preventif dari satgas Sektor 22 citarum harum, dengan rutin setiap hari dilakukannya, 


"Tidak menutup kemungkinan suatu hari nanti, ada warga yang sangat disiplin terhadap kebersihan sungai, maka akan menularkan sikap tertibnya itu kepada masyarakat lainnya," harap Nur Suhud. 


Untuk mencapai hasil maksimal pada program ini, diperlukannya bekerja bersama sama semua liding sektor, baik Masyarakat, Ormas, Pemerintah, LSM maupun steakhoders lainnya untuk bergerak bersama sama mewujudkan Program Citarum Harum.


(zho)