Ciptakan Budaya Baru, Satgas Sektor 22 Sub 02 Perlu Andil Aparat Ajak Warganya Hidup Bersih dan Sehat
-->

Advertisement Adsense

Ciptakan Budaya Baru, Satgas Sektor 22 Sub 02 Perlu Andil Aparat Ajak Warganya Hidup Bersih dan Sehat

60 MENIT
Rabu, 16 Juni 2021

60menit.co.id Sampah hasil pembersihan di Anak Sungai Cidurian, wilayah kel. Cigadung kec. Cibeunying Kaler, Rabu (16/06/2021).

60MENIT.co.id, Bandung | Karyabakti pembersihan anak Sungai Cidurian wilayah Kelurahan Cigadung Cibeunying Kaler oleh satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 02, sepanjang 350m sampah yang terangkat hingga 100kg.


Melalui Dansub 02 sektor 22, Pelda Nur Suhud hal diatas dikerjakan di wilayah RW 09, bersama team baraya kelurahan terus bergerak dalam aksi pemeliharaan sungai. 


Ia menyampaikan, tindakan ini terus dilakukan setiap hari dalam upaya perbaikan mental masyarakat untuk menciptakan kebersihan sungai dan lingkungan. 


"Aksi pembersihan sungai setiap hari yang kami lakukan, yaitu bertujuan supaya masyarakat semakin sadar dan mampu berbuat untuk mengondisikan sungai supaya bersih dan sehat," kata Nur Suhud. Rabu (16/06/2021)


Satgas melakukan Patroli Sungai

Ia menambahkan, aksi ini sebagai sosialisasi mental bagi masyarakat dan aparat pemerintahan. Supaya bisa meningkatkan kepeduliannya terhadap lingkungan. 


Satgas sudah melakukan upaya dalam pergerakan program citarum harum, baik melakukan karyabakti setiap hari maupun sosialisasi edukasi prilaku yang harus dilakukan masyarakat dan aparat kewilayahan. 


"Aparat kewilayahan harus cepat tanggap dalam penggiringan kepada warganya supaya berpola hidup bersih dan sehat, karena ajakan aparat biasanya mudah digubris oleh masyarakat," imbuh Nur Suhud.


Satgas melakukan aksi pembersihan sungai.

Untuk menciptakan pola hidup bersih dan sehat memerlukan penggiringan dari aparat yang rutin, masyarakat akan sadar jika aparat melakukan pola yang ketat dalam pembinaan kepada masyarakat. 


"Biasanya berawal dari keterpaksaan bagi warga untuk memulai pola hidup yang baru, saya yakin hal ini salah satu gebragan untuk memulai tingkat kesadaran masyarakat supaya terbiasa hidup bersih dan sehat," ujar Nur Suhud. 


Penggiringan yang serius dari aparat kepada warganya, akan membentuk paradigma yang baru, dengan jeda beberapa lama akan menjadi kebiasaan bahkan akan membudaya di tengah kehidupan masyarakat. 


(zho)