Patroli Sungai dan Komsos Satgas Citarum Harum Sub 04 Sektor 22, Fokus Selami Nurani Warga
-->

Advertisement Adsense

Patroli Sungai dan Komsos Satgas Citarum Harum Sub 04 Sektor 22, Fokus Selami Nurani Warga

60 MENIT
Selasa, 01 Juni 2021

60menit.co.id Satgas Citarum Harum sektor 22 sub 04, patroli sungai di wilayah Kecamatan Lengkong dan dan Regol, Selasa (1/06/2021).


60MENIT.co.id, Bandung | Dansub 04 sektor 22 Citarum Harum, Serma E. Irnawan bersama anggotanya mepalukan Patroli Sungai dan Komunikasi Sosial, di wilayah kerjanya. 


Patroli sungai ini dilakukan untuk memperjelas perkembangan kondisi sungai terbaru, juga menentukan titik prioritas tindakan pembeesihan sungai dan menindak Operasi Tangkap Tangan jika kedapatan warga membuang sampah ke sungai.


Hal diatas diungkapkan oleh Serma E. Irnawan selaku Dansub 04 sektor 22 Satgas Citarum Harum. Selasa (1/06/2021). 


"Hari ini kami menyebarkan anggota di seluruh kawasan sungai wllilayah subsektor 04, untuk melakukan patroli sungai dan melakukan komunikasi sosial (komsos) door to door ke tiap warga yang berdekatan dengan sungai," ujar Irnawan. 


Pungsi dari komsos, satgas berkomunikasi langsung dengan warga dengan penyampaian program Citarum Harum bertema pada tidak boleh membuang sampah apapun ke sungai. 


Komunikasi sosial door to door. 

Serma E. Irnawan terus memotifasi anggotanya supaya bisa masuk ke tengah masyarakat dengan tujuan memicu prilaku masyarakat sudah saatnya memiliki pola hidup bersih dan sehat. 


Sosialisasi program citarum harum yang dikemas dengan tatakrama budaya disampaikan satgas sektor 22 dengan ucapan juga berprilaku yang memuncak pada cita cita pergerakan TNI sebagai satgas citarum harum. 


Komunikasi  Sosial

"Bukan hal yang mudah tindakan yang kita lakukan, dengan menyelami hati nurani masyarakat supaya bisa berubah pada prilaku yang benar, mereka bisa mencintai lingkungan yang bersih dan sehat, tidak mengotori sungai," ujar Irnawan. 


Upaya ini terus dilakukan oleh satgas sektor 22 disetiap harinya, sebagai upaya bisa memikat prilaku warga satgas juga berinisiatif mengajak tokoh masyarakat dalam sosialisasi tersebut. 


Langkah ini sangat benar, karena warga bisa menaruhkan simpatiknya jika anjuran ini datangnya dari orang yang di tokohkan bahkan disukai di tengah masyatakat.


"Semua ini kami lakukan demi percepatan suksesnya program citarum harum," tutup Irnawan. 


(zho)