Serma Abdulloh, Dansub 11 Sektor 22 Citarum Maknai Pembersihan Sungai Cijalupang
-->

Advertisement Adsense

Serma Abdulloh, Dansub 11 Sektor 22 Citarum Maknai Pembersihan Sungai Cijalupang

60 MENIT
Kamis, 17 Juni 2021

60menit.com Satgas sub 11 Sektor 22 Citarum Harum Ada Makna di Pembersihan Sungai Cijalupang, Kamis (17/06/2021).

60MENIT.co.id, Bandung | Di Sungai Cijalupang satgas sektor 22 sub 11 melakukan pemeliharaan bersama tim Gober Kelurahan Cisaranten Wetan Kecamatan Cinambo, Kamis (17/06/2021).


Pemeliharaan sungai dari sedimentasi dan rumput liar, Serma Abdulloh Fawzi (Dansub 11) menuturkan bahwa aksi ini perlu dipertahankan, hal ini berhubungan dengan pelestarian sungai.


"Perlunya pemeliharaan sungai di tiap wilayah akan melanggengkan kekuatan daerah aliran sungai, jika tidak maka sungai akan cepat ambrol," kata Abdulloh. 


Rumput liar yang menumbuhi kirmir maka akan mempercepat keropos pada kirmir, penyebab seperti ini banyak kirmir yang runtuh jika hujan deras tiba. 


Satgas citarum harum dengan rutin setiap hari terjun ke sungai untuk melakukan pembersihan, baik sampah maupun yang lainnya yang merusak sungai. 


"Kami bekerja sesuai tugas yang kami emban, yaitu percepatan penanggulangan pencemaran dan kerusakan daerah aliran sungai," ujar Abdullah. 



Pemeliharaan sungai oleh satgas citarum harum berupa pembersihan sampah, limbah kimia dan domestik, juga pengangkatan sedimentasi secara manual. 


Semua itu terfokus pada peraturan presiden No. 15 Tahun 2018, merupakan sebuah kekuatan bagi satgas dalam mengembalikan status sungai yang bersih dan sehat. 


Dasar ini oleh satgas sebagai kunci dalam melakukan sosialisasi ke semua pihak, yaitu pemerintah daerah maupun masyarakat dan seluruh organisasi.


"Memang untuk melakukan ini kita perlu semua pihak beegerak bersama sama sesuai yang diperintahkan dari pimpinan tingkat atas," tutup Abdulloh. 

(zho)