Di Bandung Barat, Satgas Sektor 22 Sub 16 Masif Produksi Kompos
-->

Advertisement Adsense

Di Bandung Barat, Satgas Sektor 22 Sub 16 Masif Produksi Kompos

60 MENIT
Kamis, 08 Juli 2021

60menit.co.id Serma Epi Nana (Satgas sektor 22 sub 16) membalikan proses pengomposan, Lembang, Kamis (8/07/2021)

60MENIT.co.id, Bandung Barat | Satgas Citarum Harum subsektor 16 sektor 22, bertempat di Kp. Pasirwangi Desa Gudangkahuripan Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat, memproduksi kompos sebabai fungsi pemanfaatan kotoran hewan. 


Dansub 16 sektor 22 (Serma Epi Nana Rukmana) memimpin pada produksi tersebut, hingga sudah 2 (dua) Tahun lamanaya pada pemangaatan kotoran hewan yang selama ini terbuang bebas mencemari sungai dan lingkungan.


"Kami terus bergerak untuk megurai kompos ini sebagai upaya mengurangi tingkat pencemaran sungai dan lingkungan," kata Epi Nana. 


Pemanfaatan kompos hanya sebagain pihak saja dari volume kotoran hewan yang dihasilkan. Hal ini terbentur oleh tempat dan fasilitas warga peternak masih belum memiliki kafasitas pengomposan. 


Satgas sektor 22 terus berupaya untuk menyelesaiakan permasalahan pencemaran ini hingga mengusung sampai tingkat kementrian, karena pencemaran ini sudah di katagerorikan tingkat tinggi. 


"Upaya ini sudah masuk ranah pemerintah tingkat pusat, kita hanya tinggal menunggu saja baik dari pihak Pemda maupun Pemerintah Pusat," imbuh Epi Nana. 


Serma Epi Nana, membawa pula anggotanya pada pemeliharaan sungai, pada pembersihan Sungai Sadang RW. 08 Desa Langensari kecamatan Lembang.


"Sepanjang 250 m sungai yang kami bersihkan dengan hasil sampah +- 200 kg." ujar Epi Nana. 


Melaksanakan sosialisasi di wilayah ds. Langensari Serma Epi Nana untuk mengenalkan kebersihan lingkungan dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat. 


"Bersama bpk Ade, bpk Usep, bpk Erik, bpk Riki, bpk Heri dan bpk Yana. Mengimbau masyarakat agar tidak buang sampah ke sungai dan ikut serta dalam melestarikan kebersihan sungai," kata Epi Nana. 


(zho)