Satgas Sub 04 Sektor 22 Tanam Pohon Keras Saat Bersihkan Sungai Cijantra
-->

Advertisement Adsense

Satgas Sub 04 Sektor 22 Tanam Pohon Keras Saat Bersihkan Sungai Cijantra

60 MENIT
Senin, 02 Agustus 2021

60menit.co.id | Subsektor 04 sektor 22, menanam pohon di bantaran Sungai Cijantra Pasirluyu, Senin (2/07/2021).


60MENIT.co.id, Bandung | Penanaman Pohon Keras marak dilakukan oleh satgas Sektor 22 Citarum Harum, kali ini sub 04 melakukan penanaman di Bantaran Sungai Cijantra wilayah Kelurahan Pasirluyu Kecamatan Regol, Senin (2/08/2021)


Penanaman pohon merupakan reboisasi bagi area yang dibutuhkan, satgas sub 04 melakukan untuk penghijauan bantaran sungai sebagai upaya betonisasi Daerah Aliran Sungai. 


Menurut Serma E. Irnawan, selaku Dansub 04 mengatakan, penghijauan bantaran ini ada fungsi lain selain betonosasi bantaran, yaitu bisa meningkatkan kejernihan sungai. 


"Sebagai tujuan utama kita sebagai satgas yaitu membuat sungai bersih dan sehat, dari berbagai aksi yang kita lakukan kita meningkatkan pula penghijauannya," ujar Irnawan. 


Penanaman pohon keras satgas sub 04 dilakukan berbarengan dengan pembersihan di Sungai Cijantra, sepanjang 90 M terangkat sampah -+ 190 kg.


Pembersihan Sungai Cijantra.

Dengan penanaman pohon di area bantaran Sungai Cijantra, Serma Irnawan bertujuan supaya masyarakat lebih faham lagi bahwa setiap sungai selalu dirawat dengan baik oleh satgas. 


"Ini merupakan keseriusan dari satgas sektor 22 untuk menciptakan sungai yang bersih dan sehat, kami harap semua lapisan masyarakat bisa memahami tujuan yang mulia ini," tambah Irnawan.


Pasca pembersihan sungai berikut penanaman pohon keras, satgas sub 04 berlanjut dengan melakukan patroli sungai dan komunikasi sosial secara door to door kepada masyarkat. 


"Pada patroli sungai di Sungai Cikapundung, saat ini kondisi sungai tersebut, warna air kecoklatan, debit air normal, tidak bau namun masih ada titik titik sampah," tutup Irnawan. 


(zho)