Upaya Pemerataan Kebersihan di Tiap Wilayah, Peltu Aris Dansub 06 Sektor 22 Pimpin Pembersihan Sungai Cikendal
-->

Advertisement Adsense

Upaya Pemerataan Kebersihan di Tiap Wilayah, Peltu Aris Dansub 06 Sektor 22 Pimpin Pembersihan Sungai Cikendal

60 MENIT
Kamis, 23 Desember 2021

60menit.co.id | Ketika Satgas Sub 06 Sektor 22 melakukan Patroli di Sungai Cikendal, Cijerah. (zho)


60MENIT.co.id, Bandung | Peltu Aris Santoso, selaku Dansub 06 di Sektor 22 Citarum Harum memimpin anggotanya di pembersihan Anak Sungai Cikendal wilayah Kelurahan Cijerah Bandung Kulon.


Keseriusan dalam penciptaan sungai yang bersih dan sehat, Satgas Citarum Harum Sektor 22 salahsatu pembuktiannya pada pembersihan sungai setiap hari dengan menggabungkan pasukan Gorong-gorong Bersih (Gober) kewilayahan di setiap lokasi berbeda.


Peltu Aris Santoso menerapkan sistem kolaborasi, dengan harapan pasukan Gober kewilayahan bisa meneruskan perawatan sungai dengan rutin tatkala Program Citarum Harum berkesudahan.


"Walaupun habis tugas Satgas Citarum Harum nanti, namun perawatan sungai perlu berkelanjutan. Saya harap pasukan Gober di setiap kewilayahan bisa menggantikan posisi kami di lapangan sebagi pelaku pembersihan sungai dan lingkungan. Supaya pelestarian sungai yang bersih dan sehat bisa berjalan tanpa kesudahan," anjuran dari Aris.


Pembersihan di anak Sungai Cikendal (zho)


Saat ini kondisi sungai sudah berangsur membaik, atas upaya dari Satgas Citarum Harum Sektor 22 yang menertibkan para pelaku industri supaya tertib membuang limbahnya sesuai baku mutu dan mengedukasi warga supaya berlaku tertib mengelola sampahnya dengan benar.


Penciptaan kebersihan sungai dan lingkungan, Satgas Sektor 22 membimbing masyarakat dalam berprilaku sehari-hari melaksanakan Pola Hidup Bersih dan Sehat.


"Sebenarnya upaya ini berlaku majemuk, selain menciptakan lingkungan dan sungai menjadi bersih juga membawa masyarakat dalam kehidupan yang sehat, sehingga mereka bisa menciptakan generasi yang cerdas tanpa gangguan kesehatan," imbuh Aris.


(zho)


Menurut Peltu Aris Santoso untuk menciptakan hal diatas tidak semudah membalikkan telapak tangan, soalnya perlu kesabaran dan sikap telaten dalam membina masyarakat yang memiliki karakter atau sifat yang berbeda.


Tentunya semua ini dijalankan dengan serius oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22. Sebagai motor edukasi dalam perubahan paradigma masyarakat sebagai bimbingan untuk menuju pemajuan perubahan sikap dalam menciptakan lingkungan yang asri, bersih dan sehat.


Upaya diatas satgas Citarum Harum Sektor 22 terus melakukan kegiatan pembersihan sungai, patroli sungai, komunikasi sosial, penertiban bangunan liar, penghijauan tanaman keras dan penataan wilayah sungai ataupun restorasi sempadan sungai.


(zho)