Perapihan Bongkaran Bangunan di Binong, Satgas Citarum Harum Sektor 22
-->

Advertisement Adsense

Perapihan Bongkaran Bangunan di Binong, Satgas Citarum Harum Sektor 22

60 MENIT
Senin, 24 Januari 2022

60menit.co.id | Tampak Dansektor 22 Citarum Harum, Kol. Inf. Eppy Gustiawan bersama para unsur dinas (Sholeh).


60MENIT.co.id, Bandung | Penegakan Perpres No. 15 tahun 2018, Sektor 22 Satgas Citarum Harum bersama BBWS Citarum, melakukan penataan Sungai Cikapundung Kolot diwilayah Rw.03 dan Rw. 07, Kelurahan Binong, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung bersama instansi dan Dinas terkait. Senin (24/01/22).


Dansektor 22 Satgas Citarum Harum Kol. Inf. Eppy Gustiawan, S.I.P mengatakan, Penataan Sungai Cikapundung Kolot, dilakukan secara kolaborasi bersama Pemerintah Kota Bandung, TNI dan Polri.


"Kita bersama sama melakukan penataan sepadan sungai dalam rangka program Citarum Harum. Di wilayah ini ada beberapa bangunan yang tidak bersertifikat". Katanya.


Eppy menjelaskan, dalam melakukan penertiban, dilakukan secara humanis kepada warga masyarakat yang tinggal di bantaran sungai Cikapundung Kolot.


"Mereka cukup paham dan menyadarinya, bahwa yang ditempatinya merupakan milik pemerintah. Secara kolaborasi dan humanis, mereka pindah secara mandiri dan ada yang di relokasi ke rusunawa rancacili". Jelasnya.


Untuk itu, Eppy berharap, kedepan lokasi ini bisa di tata sesuai pungsinya, yang bisa bermanfaat bagi warga sekitar.


Ditempat yang sama Sekretariat Satgas PPK DAS Citarum Eko Priastono, ST, MPPM, memyambut baik dengan adanya penataan sungai yang merupakan salah satu upaya untuk mengoptimalkan pemeliharaan sungai.


"Jadi, penataan sepadan sungai cikapundung kolot, nantinya akan menjadi suatu ruang publik yang bermanfaat bagi semuanya, dan mudah-mudahan bisa dilakukan dengan baik dan aman". Ucapnya.


Tampak perapihan serpihan bangunan.


Sementara itu, Kadis DPU Kota Bandung, Didi Ruswandi merasa sangat terbantu dengan adanya penertiban bangunan tersebut, karena akses untuk pemeliharan sungai menjadi luas.


Selain itu, lanjut Didi, dalam menangani bencana menjadi lebih mudah untuk melakukan mobilisasi seperti akses masuknya alat berat.


"Enrique Penalosa Walikota Bogota Kolombia mengatakan, Kota yang sehat adalah kota yang bisa menyediakan kebahagianan penduduknya". Katanya.


"Jadi Bandung kita jadikan kota yang sehat, lebih bahagia dengan banyak ruang terbuka. Salah satunya dengan penataan ini, kita akan jadikan ruang publik yng bermanfaat bagi masyarakat". Tambahnya.


Sementara itu, Joko Dwi Priono, ST.,MSi mewakili Kepala BBWS Citarum mengucapkan terima kasih atas kerjasama lintas sektoral yng sangat solid dalam penertiban dan penataan sungai Cikapundung Kolot.


"Saya mengucapkan termia kasih kepada Dansektor 22 Satgas Citarum Harum, Kesekretariat Satgas Citarum Harum dan seluruh SKPD kota Bandung dan unsur kewilayahan". Ucapnya. 


(Sholeh)