Serma Epi Nana, Dansub 16 Sektor 22 Manfaatkan Kotoran Hewan Menjadi Kompos
-->

Advertisement Adsense

Serma Epi Nana, Dansub 16 Sektor 22 Manfaatkan Kotoran Hewan Menjadi Kompos

60 MENIT
Senin, 24 Januari 2022

60menit.co.id | Produksi kompos oleh Satgas Sub 16 Sektor 22 Citarum Harum di Lembang (zho).


60MENIT.co.id, Lembang | Pengurangan pencemaran kotoran hewan di Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat (KBB), Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 16 berkarya melalui pembuatan Kompos.


Pantauan media di lapangan, selama ini disetiap peternak sapi masih membuang kotorannya langsung ke lingkungan melalui parit yang bermuara di sungai. Sehingga pencemaran tersebar ke berbagai sungai terutama Sungai Cikapundung dan Sungai Cibeuereum.


Serma Epi Nana Rukmana (Dansub 16/22) menyampaikan, solusi pencemaran kotoran hewan yang dihasilkan dari setiap peternak masih belum maksimal, hal ini Dansektor 22 (Kol. Inf. Eppy Gustiawan, S.I.P.,) sudah koordinas baiknke pemerintah KBB maupun ke tingkat pusat, namun masih menunggu putusannya, Senin (24/01/2022)


"Memang untuk solusi ini sudah sampai ke tingkat kementrian, soalnya pemerintah daerah meminta kerjasama dengan para pihak, maka kita ambil langkah membuat kompos ini sebagai salahsatu solusi mengurangi pencemaran," kata Serma Epi Nana.


Pengangkatan kotoran hewan


Solusi lain bahkan yang diutamakan noleh Satgas Sub 16 yaitu melakukan sosialisasi bke setiap warga peternak dan warga bantaran sungai supaya tidak melepas bebas bahan pencemaran ke sungai.


Hal lain, Satgas berupaya untuk mengolah kotoran hewan menjadi prodak yang bernilai, yaitu melalui Ternak Magot, Kascing dan industri lainya.


"Semua langkah untuk solusi pencemaran sudah kami lakukan, maka sosialisasi ini terus kami lakukan, seperti hari ini kita melakukannya ke Bpk Sobur, Bpk Tia dan Bpk Acong yaitu mengimbau supaya tidak membuang sampah ke sungai dan bisa mengolah kotoran hewan sebisa mungkin," kata Epi Nana.


(zho)