DKKG AKHIR TAHUN AKAN MENGGELAR "NGABUGA"

Advertisement Adsense

DKKG AKHIR TAHUN AKAN MENGGELAR "NGABUGA"

Wak Puji
Sabtu, 21 Desember 2019


60menit.co.id, Garut - Bupati Garut, H. Rudy Gunawan SH. MH. MP., menerima rombongan pengurus Dewan Kebudayaan Kabupaten Garut (DKKG) dalam rangka melaporkan akan diselenggarakan nya event di akhir tahun 2019 dengan bertemakan “Ngabuga” (Ngamumule Budaya Garut).

Saat menerima jajaran DKKG di ruang kerjanya, tercermin tangtungan Kisunda dari Bupati Garut, yang someah, darehdeh, dan reueus, ini menandakan betapa H. Rudy Gunawan sangat mengapresiasi dan support akan keberadaan kaum Budayawan di Kota Intan ini.

Saya sangat merespon sekali apa yang akan saudara-saudara lakukan di pertunjukan yang menghadirkan seni budaya Garut, tapi jangan lupa untuk berkoordinasi dengan Polres dan Kodim ya, karena kami Forkopimda selalu seiring sejalan mengawal program pembangunan di Kabupaten Garut ini”, ungkap Rudy saat berbincang dengan jajaran pengurus DKKG, Jumat (19/12).

Terkait dengan kebutuhan pertunjukan Bupati berjanji akan membantu pengadaan seperangkat panggung dan tata suara. Hal tersebut mendapat tanggapan yang positif dari tamu-tamunya. Hingga Ketua DKKG, Irwan Hendrawan S.E., pun berkomentar tentang hal itu.

Luar biasa sekali apa yang disampaikan Bapak Bupati yang sangat responsif pada DKKG sebagai partner pemerintah dalam menjalankan amanat UU no 5 tahun17, tentang Pemajuan Kebudayaan yang merangkum 11 item yang harus diejawantahkan dan diimplementasikan”, ujar lelaki yang akrab disapa kang Jiwan ini.

Kang Jiwan menambahkan, kearifan lokal kabupaten Garut yang akan diusungnya, kedepannya diharapkan dapat menjadi agenda tahunan, dengan mengangkat kearifan budaya lokal pihaknya meyakini kelestarian sumber inspirasi dan literasi budaya akan terjaga.

Didampingi beberapa rekan dari DKKG saya menyatakan, kegiatan milangkala yang pertama dengan sinergritas empat pilar, TNI-Polri, Pemerintah dan Masyarakat untuk menuju Garut berbudaya, sebagai literatul budaya Nusantara”, terang manjemen Medika Group ini.


Pada milangkala DKKG yang pertama ini yang akan berlangsung pada tanggal 30 sampai 31 Desember 2019 akan mengangkat seni tardisi buhun dan budaya Sunda yang ada di Kabupaten Garut seperti lais, badeng, karinding, pencak silat dan lain sebagainya, disamping akan mendatangkan para artis nasional asli sunda, seperti Nining Meida, Doni Kusuma, Gabungan Artis Sunda (Gas), juga bebrapa da’i tingkat Jawa Barat. (Djie)