Kegiatan Jawara Silat Nusantara padepokan pecah 12 berkolaborasi bersama DKKG dialam terbuka
-->

Advertisement Adsense

Kegiatan Jawara Silat Nusantara padepokan pecah 12 berkolaborasi bersama DKKG dialam terbuka

Wak Puji
Rabu, 26 Agustus 2020


60menit.com, Garut - Dalam lanjutan runtutan giat jawara silat nusantara Ketua DKKG Irwan Hedarsyah, SE, menyempatkan menghadiri latihan dari padepokan pecahan 12 yang beralamatkan di jalan pajagalan Garut.

Adapun tempat latihan penyatuan dgn alam dilaksanakan di pegunungan curug candung cilawu cirorek yg begitu eksotik, dalam keterengan persnya menurut kang jiwan sapaan akrabnya ketua DKKG ini.

"DKKG  akan terus berusaha mengapresiasi kegiatan dari para pelaku pencak silat dan stidaknya dapat terjun langsung kelapangan utk mengetahui proses latihan dan terus mengali potensi dari padepokan-padepokan pencak silat di Kabupaten Garut salah satunya padepokan pecah 12," kata jiwan.


Dengan melakukan giat tersebut DKKG mampu menyerap aspirasi dengan sekelumit persoalan yang dihadapi oleh padepokan atau paguron pencak silat si kab garut, dengan harapan kedepan ada solusi terbaik intuk kemajuan pencak silat Kabupaten Garut yg telah terbukti mampu menjadi yg terbaik di kancah international. 

"Bahkan menjuarai tingkat dunia dan bagaimana kiprah pemerintah terhadap stek holder yang ada terhadap para pelaku pencak silat di kab garut? itu adalah tugas kita bersama, untuk membangun pencak silat lebih baik," tambah iwan saat ditemui disela-sela latihan di pegunungan Cilorek Cilawu.

"dalam latihan ini kami sengaja membawa serta merta keluarga besar dari para pesilat kami agar suasana kekeluargaan trus terjalin, silat silaturahmi, sebagian dari filosofi pencak silat, dan ini kami lakukan berkesinambungan sebagai bentuk dari olah alam, olah jiwa olah rasa yg akan menjadikan menyatunya jiwa pikiran gerakan dari silat dengan alam semesta," kata ketua pecah 12  Yanto .

Hadir dalam latihan tersebut budayawan praktisi pencak silat Rd.H Asep kadar soleh. Mengapresiasi dan merasa bangga dengan adanyq DKKG yang secara langsung terjun kelapangan untuk turut serta membangun budaya pencak silat.


Dalam kesempatan yg sama guru besar pecahan 12 cikalong abah Nono, sebagai penerus dari guru besar utama abah  oyed ahyadi atau lebih dikenal dengan abah oyed yg beralamatkan di pajagalan membeberkan ada arti dibalik silat pecahan 12 yaitu ada jurus,pasangan, kuncian, tempelan, gambaran. Dan  5 unsur tsb merupakan ciri khas dari silat pecahan 12 cikalong.

"Siapa yang tidak memgenal jurus silat cikalong yang begitu melegenda, alhamdulilah sampai saat ini kita masih tetap melestarikan budaya leluhur kita, bangsa yang besar adalah mereka yang menghargai para leluhurnya," pungkas jiwan.