Sri Mulyani Beberkan Anggaran Untuk Ibukota Baru Indonesia
-->

Advertisement Adsense

Sri Mulyani Beberkan Anggaran Untuk Ibukota Baru Indonesia

60 MENIT
Jumat, 23 April 2021

60menit.co.id | Sri Mulyani.


ANGGARAN UNTUK IBU KOTA BARU

60MENIT.co.id, Jakarta | Untuk mewujudkan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Baru yang bakal menjadi salah satu IKN terindah di dunia, futuristik, modern, dan berwawasan hijau, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyiapkan anggaran Rp 1,7 triliun. Dana tersebut tersebar di sejumlah kementerian dan lembaga (K/L) serta non K/L.


Dana pemindahan IKN Baru yang ada di K/L sebesar Rp 800 miliar tersebar di Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), serta Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR/BPN). Selain alokasi yang masuk di non K/L lewat skema project development fund (PDF) sebesar Rp 900 miliar.


Seperti diketahui bahwa Presiden Jokowi tetap melanjutkan rencana pemindahan IKN Baru ke Kalimantan Timur meski Covid-19 masih melanda negeri ini. Namun pembangunan IKN Baru merupakan salah satu upaya memulihkan ekonomi Indonesia karena melibatkan nilai investasi yang cukup besar.


IKN Baru ini masuk dalam salah satu strategi untuk pemulihan ekonomi Indonesia setelah menghadapi pandemi. Karena dengan adanya IKN Baru ini dapat menyerap tenaga kerja yang dan dana yang cukup besar sekitar Rp 500 triliun, dimana hanya 1% itu berasal dari APBN. Selebihnya itu adalah pembiayaan dari berbagai sumber, dengan berbagai metode.


Pembangunan IKN Baru mulai dilakukan di tahun pertama yang diperkirakan menyerap hampir 100 ribu tenaga kerja. Pembukaan lapangan kerja merupakan obat yang dibutuhkan saat ini untuk pulihkan ekonomi.


"Bravo Mbak Sri Mulyani.. semoga semua ini berjalan lancar tanpa hambatan berarti."

(zho)