Figur Jenderal Selvanus Dibutuhkan Untuk PMTI Kedepan
-->

Advertisement Adsense

Figur Jenderal Selvanus Dibutuhkan Untuk PMTI Kedepan

60 MENIT
Kamis, 30 September 2021

60menit.co.id - Foto Jenderal Selvanus saat masih menjabat Kabainstrahan Kemhan RI.


60MENIT.co.id, Makassar - Menguatnya dukungan terhadap mantan Kepala Badan Instalasi Rahasia Pertahanan (Kabainstrahan) Kementerian Pertahanan RI, Mayjen TNI Yulius Selvanus Lumba, untuk menjadi Ketua Umum PMTI (Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia) yang akan datang, tidak mengherankan. Pasalnya, orang dekat Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ini, dikenal tegas dan keras serta berintegritas dalam memegang prinsip demi harga diri serta wibawa Sangtorayan. 


Jenderal berdarah Paris (Pangala' Riu dan Sekitarnya) dengan wajah bak temperamental ini memang cukup disegani di kalangan angkatannya di TNI. Sekilas melihat wajahnya ia tampak selalu serius dengan kesan sulit tersenyum apalagi tertawa. Dia memang benar-benar prajurit sejati dan banyak ditempa di lapangan atau medan tempur karena ia berasal dari kesatuan elit TNI yakni Kopassus. 


Jenderal Selvanus (kiri) berfoto bersama Ketua Yayasan Peduli Tondok Toraya Drs Rony Rumengan (kanan), di kediamannya di Cijantung, Jakarta.


Namun ini bukan berarti ia kaku dalam mengelola manajemen organisasi serta administrasi maupun dalam bersosialisasi. Selama karirnya, Jenderal Selvanus banyak menghabiskan waktu di Papua. Terakhir, sebelum ia ditarik ke Kemenhan RI, Alumni Akmil tahun 1988 ini menjadi Danrem 181/Praja Vira Tama (PVT) di jajaran Kodam XVIII/Kasuari Papua Barat. Sehingga Papua, bagi Selvanus, adalah medan pengabdian tempat ia banyak ditempa sebagai prajurit. Dia menguasai betul belantara Papua. Setidaknya ia juga tahu cara penanganannya. 


Jenderal Selvanus (kanan) berfoto bersama Wkl Redpel Kabarin.news, Rustan Serawak (kiri) di kediamannya di Cijantung, Jakarta.


Gonjang-ganjing soal Mubes IV PMTI yang dijadwalkan berlangsung 2-3 Oktober 2021 mendatang, namanya mencuat sebagai Balon dan Calon Ketua Umum PMTI mendatang. Ia dikabarkan mendapat dukungan dari sejumlah pengurus PMTI di daerah. Awak media meminta tanggapan dan sikapnya atas adanya dukungan tersebut ia hanya menjawab singkat lewat WA bahwa dirinya siap. "Saya Siap. Tks," timpalnya. 


(anto)