Kritik Djuli Mambaya Soal Mutasi: Mohon Dirjen Dikdas Beri Peringatan Keras
-->

Advertisement Adsense

Kritik Djuli Mambaya Soal Mutasi: Mohon Dirjen Dikdas Beri Peringatan Keras

60 MENIT
Minggu, 27 Februari 2022

60menit.co.id | Djuli Mambaya


60MENIT.co.id, Makassar | Mutasi dan pelantikan kepala sekolah dan para guru di Toraja Utara, terus jadi sorotan publik. Salah satu yang paling tajam mengkritisi hal ini adalah Djuli Mambaya, Tokoh Muda Toraja. Pria yang mempunyai nama singkatan DjM ini, mengecam keras semua keputusan Bupati Torut Yohanis Bassang (Ombas) terkait mutasi yang lalu.


Ia mengatakan, apa yang dilakukan Ombas dengan memutasi para kepala sekolah serta guru SD dan SMP itu tidak wajar dan sangat berbahaya. "Karena proses belajar mengajar sudah stabil tiba-tiba datang seorang pimpinan daerah mengobrak-abrik pendidikan itu, dengan memutasi beberapa guru yang notabene merupakan suatu keputusan didasari dendam politik," ujar DjM dalam rekaman suara diterima redaksi.


Para Kepsek dan Guru tersebut, katanya, diganti tanpa prosedur yang jelas. "Oleh karena itu keputusan Ombas mengganti dan memutasi beberapa kepala sekolah dan guru itu tidak tepat, karena banyak sekali ratusan guru yang dimutasi, ada apa? Ombas ini seakan terhadap guru-guru menyimpan dendam. Banyak aturan dilanggar. Karena itu kami mohon Dirjen Dikdas, terus sama Kemendikbud, beri peringatan keras," tandas DjM. 


(anto)