Pembersihan Sungai Cipeundeuy Satgas Sektor 22 Sub 11 Menggaet Gober Kewilayahan
-->

Advertisement Adsense

Pembersihan Sungai Cipeundeuy Satgas Sektor 22 Sub 11 Menggaet Gober Kewilayahan

60 MENIT
Selasa, 05 April 2022

60menit.co.id | Tampak Satgas Sektor 22 Sub 11 sedang membersihkan Sungai Cipeundeuy di wilayah Rw 007 dan Rw 08 Kelurahan Pasirjati, Selasa 5/04/2022 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Pemeliharaan sungai untuk mengimbau aparat kewilayahan dan warganya, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 11 membersihkan Sungai Cipeundeuy di wilayah Rw 007 dan Rw 08 Kelurahan Pasirjati Ujung Berung Kota Bandung.


Giat yang dipimpin oleh Serma Abdulloh Fawzi, selaku Dansub 11/22. Selain anggota satgas juga berkolaborasi dengan Tim Gober kewilayahan. Aksi yang dipenuhi dengan pembersihan rumput liar dan mengangkat sedimentasi sungai layaknya normalisasi sungai.


"Memang banyak yang kita temui bahwa kondisi sungai seperti ini, yaitu dipenuhi rumput liar yang merusa km tatanan sungai, bahkan sekilas sungai ini menakutkan," kata Abdulloh.


Kondisi sungai rata-rata di wilayah seperti ini banyak yang tidak terawat, sehingga kondisi sungai menyerupai tumpukan rumput dan seram seperti semak yang ditempati ular.



Hal ini dibenarkan oleh beberapa warga setempat, sepertinya merekapun segan melewati wilayah tersebut padahal.jika Sungai tersebut dirawat dengan baik maka akan menampakan keindahan alam.


Para ahli mengatakan bahwa Sungai di wilayah Kota merupakan Rol Mode bagi wilayah tersebut, bahkan bisa.jadi mukanya daerah tersebut.


"Iya memang, kalo sungai dirawat bisa mengangkat derajatnya daerah ini, maka sebuah keuntungan sebenarnya jika salahsatu wilayah memiliki sungai," imbuh Abdulloh.


Gerakan Satgas Citarum Harum Sektor 22 perlu pendukungan yang nyata dari para pihak, soalnya hasil karya selam ini sudah terlihat, maka gerak cepat di pembenahan tata wilayah sungai perlu kekuatan yang lebih banyak jika berharap program Citarum Harum segera tercapai.


(zho)