Mangkrak Tidak Bermanfaat, Pamsimas Desa Karangpaningal Tambaksari Ciamis
-->

Advertisement Adsense

Mangkrak Tidak Bermanfaat, Pamsimas Desa Karangpaningal Tambaksari Ciamis

60 MENIT
Kamis, 21 Juli 2022

60menit.co.id | Pekerjaan PAMSIMAS Desa Karangpaningal Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis, Kamis 21/07/2022 (Seprudin)


Pekerjaan PAMSIMAS Desa Karangpaningal Kecamatan Tambaksari Mangkrak Tidak Bisa Dimanfaatkan Oleh Masyarakat Menghamburkan Uang Nagara.


60MENIT.co.id, Ciamis | Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) awak media 60menit.com menemui Didik sebagai Ketua Rt di lingkungan pelaksanaan pekerjaan pamsimas. Menurutnya dia juga tidak paham sampai saat ini juga belum ketemu apa lagi ada penyerahan ke Desa. 


"Pekerjaannya pun sampai saat ini belum selesai, airnya pun belum jalan," singkat didik bersama rekannya kepada 60menit.co.id, Kamis (21/07/2022)


Awak media mencoba tanya ke Pak Ekbang. Pada Senin 19 juli 2022 jam 16.00. Mencoba menemui ekbang (Warsim), ia menjelaskan bahwa pekerjaan memang betul tidak berjalan sampai saat ini. 


"Saya juga bingung dan pelaksanaannya juga belum selesai apa lagi serah terima sampai saat ini juga belum tau bagaimana kelanjutannya, kebetulan sayangnya dokumenpun habis terbakar saat kecelakaan," ujarnya. 


Pamsimas Desa karangpaningal kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis jawa barat, dibangun pada tahun 2021 nilai anggaran kurang lebih 350 juta diduga mangkrak dan tidak berfungsi sehingga banyak kalangan menilai Pamsimas ini tidak tepat sasaran. 


Terkesan hanya menghamburkan anggaran saja. Sehingga diduga proyek tersebut patut dinilai gagal dalam pelaksananya, warga minta penanggung-jawabnya harus mempertanggung jawabkan.


“Apakah pekerjaan ini akan ada pembiaran dengan begitu saja? ke pihak dinas Bina Marga Cipta Karya ada pembiaran dan pihak pengawasan dari pihak dinas, apa pemborong tersebut akan dibiarkan? tidak ada teguran atau perbaikan sampai saat ini apa ada upaya lainnya,” tegas warga, yang enggan disebut namanya.


Guna memberikan pertimbangan dalam pemberitaan, awak media 60menit.com. mengkonfirmasi Ketua LPM Desa Karangpaningal Kecamatan Tambaksari. Saat di konfirmasi (19 Juli 2022) ia mengaku tidak mengetahui kondisi penanganan Pamsimas, itu dilaksanakan oleh Cv. 


Awak media 60menit.com mencoba menghubungi Sekdes Karangpaningal (Wastim) melalui Telepon. Ia menjelaskan itu betul bahwa Pekerjaan Pamsimas belum beres, "Saya sudah berupaya ke dinas PUTR bagian Cipta Karya, sudah menanyakan kelanjutannya pelaksanaan Pamsimas dan saya juga lupa lagi nama Cv nya," kata dia.


Sebelum awak media 60menit.com membuat pemberitaan, sudah menemui fasilitator yang Bermarga Nainggolan, dan kordinator lapangan inisial Sitorus mengatakan, sebelum pamsimas dilaksanakan, sedangkan hasil rapat warga bahwa hasil pekerjaannya sudah diserah terimakan dengan kepala Desa Karangpaningal Kecamatan Tambaksari, "Sewaktu dijabat oleh Tatang," jelasnya.


Perimbangan awak media online maupun cetak, maka wartawan menemui camat dan ia mengatakan, “Sebaiknya bapak tanyakan aja ke dinas PUTR dan Cipta Karya," ujarnya.


Seketika itu wartawan melalui telpon untuk mencoba menghubungi konsultannya, tapi telpon konsultan tidak aktip.


Setelah ditayangkan Melalui berita ini, diharapkan kepada stakeholder yang berkompeten dan kepada inspektorat agar mengusut status Pamsimas yang ada di Desa Karangpaningal Kecamatan Tambaksari, yang diduga mangkrak dan masyarakat tidak dapat merasakan manfaatnya.


Jika dibiarkan akan mengakibatkan kerugian Negara, serta tidak sesuai program yang diharapkan oleh warga masyarakat desa, semoga ambil sikap dan tindak lanjut secara hukum yang berlaku. 


(P. Seprudin)