Kembali ke Cianjur, Iwajri Jabar Kirim Donasi Korban Gempa di Pelosok
-->

Advertisement Adsense

Kembali ke Cianjur, Iwajri Jabar Kirim Donasi Korban Gempa di Pelosok

60 MENIT
Jumat, 09 Desember 2022

Ketua Iwajri Jabar (Zhovena, S.T.,) menyerahkan (simbolis) barang bantuan langsung ke titik pengungsi Korban Gempa pelosok Cianjur, di Kp. Cicurug Desa Bunisari Kecamatan Warung Kondang Kabupaten Cianjur, Kamis 8/12/2022 (redaksi)


60MENIT.co.id, Cianjur | Kembali ke Cianjur Ketua Independen Wartawan Jurnalis dan Reporter Indonesia (Iwajri) DPD Jawa Barat (Zhovena, S.T.,) untuk memberikan bantuan Korban Gempa, kali ini yang dituju di masyarakat terpencil di Kp. Cicurug Desa Bunisari Kecamatan Warung Kondang Kabupaten Cianjur, Kamis 8 Desember 2022. 


Menurutnya, masih banyak warga korban gempa yang mendirikan tenda mandiri di pelosok Cianjur karena kebutuhan spontan untuk kepentingan melindungi masyarakat di lingkungannya oleh sesepuh dan pengurus Rt. setempat. 


"Kita salurkan bantuan ini langsung ke titik penerima sebagai korban, seperti yang kita lihat disini di Kp. Cicurug Warung Kondang, mereka dikoordinir oleh Ketua Rt nya, baik pendirian tenda maupun segala barang bantuan dari berbagai sumber secara netral dan transparan," kata Zhovena.


Estafet Menurunkan barang bawaan.


Bantuan yang diserahkan oleh Iwajri Jabar berupa Indomie 15 karton, karpet 10 helai, makanan ringan buat anak-anak, kasur ukuran sedang 5 helai, pakaian dalam perempuan 5 karton dan uang 5 juta. "Semua pakaian dalam perempuan itu kita sengaja beli baru," imbuh Zhovena. 


Zhovena menambahkan, semua bantuan itu ada yang bersumber dari dirinya, namun kebanyakan bersumber dari beberapa warga di daerah tempat tinggalnya. 



Pemberian donasi ke korban gempa Cianjur ini menurut Zhovena yaitu ke dua kalinya, pertama dilakukan pada hari ke 4 pasca gempa ia memberikan bantuan murni dari sumber dana Iwajri Jabar sendiri yang mengeluarkan, saat itu team Iwajri Jabar sampai nginap di lokasi posko gempa karena banyak titik korban yang dikunjungi hingga larut malam.


Sebagian kondisi rumah ambruk oleh gempa.


"Kali ke dua ini kita salurkan bantuan gempa bersama masyarakat di lingkungan tempat tinggal kita sendiri dengan cara patungan dari 5 orang warga, mereka ingin membantu korban mengunjungi langsung menyerahkan bantuannya ke titik pengungsi, maksud kita penyaluran bantuan ini supaya tepat sasaran," ujar Zhovena. 


Pantauan di lapangan, di camp pengungsi korban gempa wilayah Kp. Cicurug Desa Bunisari Warung Kondang dalam satu RT (khusus Rt. 01) sebanyak 350 KK namun yang mengungsi mendirikan tenda hanya sebagian. Rumah runtuh rusak total sebanyak 70 rumah, dan sisanya rusak ringan dan sedang. Ternyata sampai berita ini terbit masih banyak lokasi yang sangat membutuhkan bantuan disebab masih sedikit yang mengetahui.


Tujuan Iwajri Jabar berjibaku pada kepedulian korban gempa di Cianjur hanya untuk sikap peduli kemanusiaan saja, hal ini dilakukan bersama himpunan lain maupun dilakukan donasi secara mandiri Iwajri Jabar. 


(**)